Simak 5 Hobi Keren yang Diam-diam Juga Menguntungkan

Hobi – Jika bicara tentang hobi tentunya kita memikirkan tentang kesukaan kita terhadap suatu hal. Suatu hal yang kita sukai atau hobi itu sendiri biasanya lebih sering mengeluarkan uang tambahan untuk memuaskan diri kita sendiri. Padahal jika kita pelajari lebih lanjut, banyak juga hobi yang dapat mendatangkan penghasilan tambahan bagi peminatnya loh!

Belakangan ini hobi memang bukan hal yang sepele. Banyak hobi yang dapat menghasilkan bagi sebagian orang karena ketekunan, kreativitas, dan juga inovasinya. Hobi juga dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan yang cukup menggiurkan dikarenakan adanya perkembangan teknologi.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadikan atau menekuni hobimu agar dapat memberikan penghasilan tambahan, yuk simak beberapa contoh hobi yang dapat menghasilkan berikut ini!

Baca juga: Cara Membuat Album Foto Unik Buatan Sendiri

Mengoleksi Barang

Hobi mengoleksi memang sangat banyak yang menyukainya. Mulai dari mengoleksi barang yang kecil seperti perangko hingga mengoleksi barang mewah seperti mobil atau jam.

Meski terkesan sangat konsumtif, namun ternyata hobi ini dapat menghasilkan loh. Mengapa menguntungkan? Hobi mengoleksi dapat mendatangkan keuntungan dikarenakan harga suatu barang koleksi dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Hobi mengoleksi memang harus ditekuni dan dipelajari lebih dalam jika ingin mendatangkan keuntungan. Kamu dapat mempelajari apa saja yang disukai oleh banyak orang, benda apa yang harganya akan meningkat, benda apa yang sering atau sedang dicari orang, dan lainnya.

Cara termudah untuk mempelajari hal-hal tersebut adalah dengan kamu mencarinya di internet atau bergabung dengan komunitas. Bergabung dengan komunitas dapat memberimu ilmu dari yang lebih berpengalaman dan juga mendapatkan kenalan yang mungkin nantinya dapat membantumu menjual barang atau mendapatkan barang untuk dijual.

Desain

Hobi desain mungkin banyak orang yang menyukainya, terlebih dikarenakan kamu dapat mengekspresikan diri melalui desain yang kamu buat. Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu bahwa hobi yang keren satu ini dapat membantumu mendapat keuntungan loh.

Di zaman yang serba modern ini, terlebih dikarenakan adanya musim pandemi, banyak perusahaan atau organisasi yang mencari orang yang dapat membuat desain loh. Biasanya mereka mencari orang yang dapat membuat desain untuk sebuah iklan, logo, atau mungkin poster agar dapat dilihat banyak orang secara daring. Kamu juga bisa bikin desain album foto sendiri dan mencetaknya di ID Photobook!

Hobi - Disain

Selain di perusahaan atau organisasi, kamu juga dapat menjadi desainer lepas loh dengan mencari pelanggan atau bekerja yang tidak terlalu terikat. Dengan menjadi desainer lepas juga kamu dapat mengatur waktumu secara fleksibel.

Masak

Hobi sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari seperti memasak juga dapat membantumu mendapatkan penghasilan tambahan! Apalagi di tengah pandemi dan ekonomi lesu, hobi masak kamu bisa bantu menggerakkan roda ekonomi!

Jika kamu hobi memasak, kamu dapat menjual masakanmu dan mengirimkannya kepada orang lain loh, baik secara daring atau pun membuka tempat makanmu sendiri. Kamu juga dapat menjualnya dengan sistem pre-order agar kamu dapat mengatur waktu dan jumlah penjualan dengan lebih baik.

Selain menjual makananmu sendiri, kamu juga bisa loh membuat video cara memasak masakan yang kamu kuasai atau mungkin makanan dengan resep kamu sendiri. Dengan membuat video, kamu dapat mengunggahnya ke website agar kamu mendapatkan penghasilan dari video tersebut.

Berkebun

Siapa sangka salah satu hobi yang bermanfaat bagi lingkungan ini sedang naik daun loh di masyarakat dan dapat membantumu mendapatkan penghasilan tambahan.

Belakangan ini sedang ramai dengan penjualan tanaman hias. Nah, bagi kamu yang hobi berkebun, kamu juga bisa loh mulai membeli bibit dan menjual tanaman hias untuk mendapatkan keuntungan. Terlebih lagi karena perkembangan teknologi yang pesat, kamu tidak perlu repot untuk membuka toko tanaman yang dekat dengan keramaian agar ada yang melihat, kamu juga dapat membuka toko sendiri di rumah dan menjualnya secara daring.

Berkebun tentunya juga tidak hanya dapat memberi keuntungan berupa penghasilan tambahan loh. Kamu juga dapat berkebun dengan menanam buah-buahan dan sayur-sayuran yang kamu sukai agar kamu tidak perlu pergi berbelanja di saat musim panen tiba!

Hobi Makan

Hobi yang menyenangkan satu ini ternyata juga dapat mendatangkan keuntungan loh. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari hobi satu ini.

Kamu dapat menjadi food vlogger atau food blogger dengan hobi satu ini. Kamu dapat membuat video atau menulis perihal makanan yang kamu cicipi, mulai dari rasa, penampilan, tempat makannya, atau bahkan sejarahnya loh. Selain mendapat keuntungan, kamu juga dapat memberikan manfaat bagi orang jika ingin mencicipi makanan tersebut atau hanya sekadar memberikan informasi.

Hobi - Makan

Jika kamu memiliki kepekaan rasa, kamu juga dapat menjadi food tester dengan hobi satu ini. Kamu dapat mencicipi makanan dari orang yang ingin membuka usaha di bidang kuliner atau kamu dapat memberikan peringkat dari makanan yang kamu nilai.

Nah, itu dia 5 hobi yang dapat memberimu penghasilan tambahan. Tentu saja tidak hanya 5 hobi di atas yang dapat memberi keuntungan, masih banyak hobi yang dapat memberi keuntungan!

Baca juga:  5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

6 Hobi Sederhana yang Patut Dicoba Saat Sedang Bosan

Hobi – Rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat kamu bosan. Apalagi untuk mendukung adaptasi kebiasaan baru, kamu harus mengurangi aktivitas di luar rumah dan kerumunan. Kamu jadi kesulitan untuk mencari hiburan di luar rumah.

Nah, mungkin ini saatnya kamu mencoba hobi baru.

Ada banyak hobi yang unik dian bisa kamu coba selagi luang. Nggak hanya untuk mengisi waktu luang, beberapa hobi ini bisa jadi sangat bermanfaat dan membuka peluang ide bisnis baru untuk kamu!

Yuk simak X hobi sederhana yang patut dicoba saat sedang bosan berikut ini.

Baca juga: 5 Peluang Usaha Baru yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

Masak dan Bikin Kue

Kegiatan menyenangkan satu satu ini menjadi daftar hobi sederhana pertama yang akan dibahas. Sebab sebagian besar orang mungkin sudah sering melakukan kegiatan ini.

Sering melakukan bukan berarti hobi, ya. Hobi adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan saat waktu luang untuk menghibur diri dan meredakan stres. Nah, apakah memasak dan bikin kue sudah menjadi hobimu?

Untuk memulai hobi ini, nggak perlu langsung masak besar dan rumit. Kamu bisa buat dengan bahan-bahan sederhana yang memang kamu sukai.

Misalnya kamu suka makan mendoan, nggak ada salahnya untuk membuat kreasi mendoan unik. Kamu bisa cari resep unik dan tutorialnya di internet. Cuss deh langsung praktik.

Membaca Buku

Hobi satu ini jelas jadi hobi paling bermanfaat. Malahan harusnya hobi satu ini dibiasakan sejak masih kecil dan berlanjut sampai kamu dewasa.

Untuk anak, bisa dimulai dengan membaca buku dengan gambar penuh warna. Saat usia bertambah, membaca tetap jadi hobi remaja yang bermanfaat. Bahkan saat kamu sudah dewasa, kamu bisa bersantai sambil membaca buku.

Membaca buku, entah buku fiksi maupun non-fiksi, menjadi salah satu alternatif belajar yang menakjubkan, loh. Sebab, membaca buku tak hanya membawa kita pada pengetahuan baru, namun juga sudut pandang baru.

Jadi, gimana? Membaca buku bisa masuk hitungan hobi yang keren, bukan?

Bercocok Tanam

Jangan remehkan kegiatan satu ini. Bercocok tanam bisa menjadi hobi yang bermanfaat loh. Kok bisa?

Iya dong, siapa sih yang nggak suka rumahnya dihiasi tanaman subur nan cantik? Padahal merawat tanaman hingga tumbuh subur tidak bisa dilakukan setiap orang.

Hobi - Bercocok Tanam

Meskipun ada pupuk, sinar matahari serta air, ada beberapa jenis tanaman yang ‘rewel’ dan butuh perhatian penuh. Oleh karenanya bercocok tanam membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan.

Selain aneka tanaman hias, jangan ragu untuk mulai menanam sayuran dan buah. Mulai dari sawi, kacang panjang, cabai dan tomat. Kemudian kamu bisa menanam buah seperti mangga, rambutan, dan pepaya. Nah kalau sudah panen, jangan lupa bagi-bagi ke tetangga dan kerabat, ya.

Pelihara Ikan

Makhluk kecil menggemaskan satu ini sering jadi kesukaan banyak orang. Melihat mereka berenang sendirian maupun berkelompok tentunya menjadi hiburan tersendiri.

Nah, tak ada salahnya kamu coba menekuni hobi sederhana satu ini. Kamu bisa mulai dengan pelihara ikan kecil di akuarium mini. Beri makan secukupnya.

Memelihara ikan hias dalam akuarium cantik juga bisa mempercantik ruangan. Kamu bisa coba memelihara ikan guppy maupun ikan cupang yang cantik.

Melukis

Hobi satu ini bisa jadi sangat mengintimidasi karena kamu terlanjur melihat lukisan-lukisan bagus yang beredar. Kamu nggak perlu berkecil hati, segera ambil alat dan media lukismu.

Sama seperti hobi, melukis merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyenangkan pikiran dan hati. Jadi jika kamu lebih dulu menganggap lukisanmu buruk, kamu malah jadi tertekan dan nggak enjoy saat melukis.

Hobi - Melukis

Kalau masih ragu, kamu bisa mulai kegiatan melukis dengan mencoba paint by number. Yakni kamu diberi media lukis dimana sudah ada pola dan nomor. Kamu tinggal mewarnai nomor dan pola yang ada sesuai dengan warna cat yang sesuai.

Mendengarkan Podcast

Kegiatan satu ini bisa jadi hobi yang unik dan kekinian. Mendengarkan podcast pun bisa dari mana saja, asal ada koneksi internet.

Mendengarkan podcast bisa membantu kamu menambah pengetahuan. Bahkan ada banyak tema dan materi podcast yang bisa kamu pilih. Cari yang sesuai dengan kesukaanmu. 

Podcast berbahasa asing juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa asingmu. Yakni kamu bisa belajar mendengarkan dan memahami dialog berbahasa asing sambil menambah pengetahuan tentang topik yang dibahas.

Mendengarkan podcast yang ringan dan menggelitik juga nggak masalah. Apalagi podcast yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Pasti seru!

Nah itu dia 6 hobi sederhana yang patut kamu coba saat sedang lenggang. Selain mengisi waktu luang, semoga daftar hobi di atas bisa membantu meningkatkan soft skill kamu ya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Kekinian ini Patut Dicoba di Masa Pandemi