Yuk! Ikut Lomba Balita Gemas 2020

Hai Moms! Si kecil sudah memasuki usia balita? Wah pasti lagi lucu-lucunya, ya. Moms pasti juga lagi seneng-senengnya foto si buah hati yang menggemaskan.

Daripada foto-foto si kecil nganggur, yuk ikutan Lomba Balita Gemas ID Photobook 2020.

Ketentuan Lomba Balita Gemas ID Photobook

  1. Peserta yang berhak mengikuti berusia 0 bulan – 4 tahun 11 bulan per tanggal 2 November 2020.
  2. Periode Lomba Balita Gemas 2020 dimulai pada 2 – 30 November 2020.
  3. Follow Instagram ID Photobook di @id.photobook.
  4. Peserta wajib membaca syarat dan ketentuan lebih lengkap dan mendaftar di tautan ini.
  5. Posting foto tergemas anak/ ponakan balita-mu dan tag @id.photobook di Instagram
  6. Ceritakan di caption tentang orang-orang baik dibalik foto nggemesin ini (suami, asisten rumah tangga, baby sitter, suami, atau siapapun) dan mention mereka ya! Show your love to them!

Hadiah untuk Pemenang

Dapatkan hadiah keren dan menarik berikut ini:

✔️ Piala
✔️ Sertifikat
✔️ Photobook best seller dari ID Photobook
✔️ Voucher ID Photobook Total Senilai Jutaan Rupiah

Oiya, Moms, program ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN alias GRATIS hati-hati terhadap segala bentuk penipuan, ya.

Ayo ikutan segera Lomba Balita Gemas!

Cara Membuat Album Foto Unik Buatan Sendiri

Album Foto Unik – Orang tersayang lagi ulang tahun, nih? Kira-kira kasih kado spesial apa ya buat mereka?

Kalau bisa sih, yang unik, nggak ada tandingannya. Kado yang bisa bikin mereka selalu ingat sama kita. Dan kalau bisa sih, yang murah, gitu. Hehehe

Kamu sedang mengalami dilema yang sama? Mau beli kado spesial untuk orang spesial tapi masih butuh uang untuk bikin pesta kejutan. Atau malah, kamu lagi bokek dan gajian masih lama banget.

Kado unik yang selalu bikin orang terkasih ingat sama kita dan murah? Tentu ada! Kamu bisa bikin kreasi album foto unik buatan sendiri.

Tenang aja, bikin album foto unik ala photobook nggak sesulit dan semahal yang kamu bayangkan. Berikut ini adalah cara membuat album foto sendiri.

Baca juga: 5 Momen dengan Pasangan ini Perlu Diabadikan dalam Photobook

Tentukan Ukuran, Bentuk, dan Model Photobook

Kamu bisa memilih album foto kamu berbentuk landscape atau potrait. Hal ini tergantung kenyamanan saat membaca serta bagaimana kamu akan menyimpannya nanti.

Setelah itu tentukanlah ukuran photobook. Bisa memilih ukuran A5, A4, seukuran kertas folio atau ukuran lain yang kamu sukai. Ukuran ini akan berpengaruh dengan ukuran foto serta hiasan yang kamu miliki.

Lalu tentukan juga bagaimana caramu untuk merekatkan halaman-halaman pada photobook kamu? Bisa dengan jilid ring, post bond, dan juga jilid permanen. Kalau ingin lebih kreatif, penjilidan bisa dilakukan dengan cara melubangi bagian kertas dengan pembolong kertas, lalu menyulamnya dengan tali rami.

Siapkan Kertas, Alat Perekat, dan Alat Pemotong

Untuk alat pemotong kamu bisa menggunakan cutter maupun gunting. Hal ini tergantung pada objek yang ingin kamu potong. Jika berbentuk garis lurus, kamu bisa menggunakan cutter dan penggaris. Namun jika hanya untuk menggunting foto dan hiasan maka gunakan gunting berujung lurus.

Dari ratusan jenis kertas, pilihlah kertas untuk mencetak foto serta kertas untuk menempel foto-foto Anda nanti. Pilihlah jenis kertas yang memang difungsikan untuk mencetak foto supaya gambar tidak luntur. Sedangkan kertas untuk menempel foto carilah kertas yang tebal dan kuat.

Ada banyak jenis lem seperti selotip bolak-balik, lem titik (glue dot), hingga lem batang. lem yang biasa digunakan untuk merekatkan foto ke kertas album adalah lem titik. Ini akan memudahkan untuk melepas dan menempel kembali saat kamu ingin memindah dan menyusun foto.

Cetak Foto Terbaik

Kertas untuk cetak foto sudah dipilih. Sekarang pilih foto-foto yang akan dicetak. Pilihlah foto terbaik yang menangkap momen terbaik hubungan kamu dengan orang terkasih.

Album Foto Unik - Cetak Foto Terbaik

Sebelum cetak foto, kamu juga bisa mengedit foto-foto pilihan. Misalnya, samakan tone pada foto, atau menghilangkan objek yang mengganggu, serta memperjelas suatu objek. Oiya pastikan tinta dan printermu memiliki kualitas terbaik supaya gambar lebih tajam dan tahan lama.

Siapkan Peralatan Dekorasi

Menambah dekorasi pada album foto bisa dengan menggunakan potongan gambar dan bentuk, spidol, pita, hingga pernak-pernik lain.

Kamu bisa membuat susunan pola persegi panjang, oval, lingkaran, hingga hati untuk menjadi dekorasi. Lalu bisa diwarnai dengan pensil warna, spidol atau cat air. Atau kamu bisa mencetak hiasan 2 dimensi, lalu  dan siap dijadikan dekorasi.

Nggak harus beli, kamu bisa memanfaatkan barang-barang di sekelilingmu. Manfaatkanlah barang yang sudah tidak terpakai seperti kain perca, kancing, daun dan bunga kering, hingga potongan pada kertas koran dan majalah.

Memilih Tema Untuk Album Foto

Tema pada photobook tergantung pada foto-foto yang kamu miliki. Sembari memilih tema, sekalian saja buat desain album foto unik kepunyaan kamu ini. 

Siapkan tema besar dan tema kecil setiap halaman. Tema besar untuk keseluruhan album foto, tema kecil untuk setiap halaman.

Kelompokkan foto-foto sesuai tema secara berurutan. Misalnya foto saat kamu dan sahabat atau pasangan wisuda. Nah kamu bisa menggunakan tema graduation, jadi siapkan dekorasi seperti gambar topi wisuda. Lalu susun pada masing-masing halaman. 

Kamu juga bisa memilih tema berdasarkan warna. Misalnya warna yang mendominasi foto atau warna favorit orang terkasih. Kamu juga bisa mengambil warna tema menurut kelompok foto tadi. Misalnya pernikahan, maka gunakan sesuai warna baju pernikahan, bisa putih, emas, merah, biru, hijau, dan lain-lain.

Yuk Kita Tempel!

Setelah menyusun tema dan rancangan foto tiap halaman, kamu bisa langsung menempel foto beserta dekorasinya. Hati-hati ya, jangan sampai salah tempel!

Kamu bisa menambahkan keterangan kapan foto itu diambil. Kamu juga bisa menyelipkan quotes, Pilihlah kutipan yang paling menggambarkan hubungan kamu dengan orang terkasih. Misalnya kutipan film, buku bahkan kutipan lagu. 

Album Foto Unik - Yuk Kita Tempel

Selain itu, selipkan juga sedikit cerita di balik foto yang ada. Misalnya siapa saja yang ada di dalam foto dan kenapa foto diambil. Tapi ingat jangan kebanyakan tulisan, ya, supaya yang membuka album foto ini tetap fokus pada foto-fotonya!

Nah itu dia sedikit gambaran cara membuat album foto unik yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bikin kreasi album foto unik buatan sendiri memang keren. Tapi kalau bikin album foto kece semacam ini bukan gaya kamu, kamu bisa kok cetak foto album di ID Photobook. Jasa cetak foto ini membuka layanan cetak album foto polaroid.

Cukup kunjungi website, pilih paket di katalog ID Photobook, dan mengunggah foto. Kamu juga bisa memilih sendiri desain album foto supaya photobook pilihan bisa ‘kamu banget’. Jadi kamu tetap bisa punya album foto unik untuk kado ke orang spesial!

Baca juga: 6 Momen Bersama Sahabat ini Perlu Abadi dalam Photobook

Liburan Murah Ke Luar Negeri? Bisa! Ikuti Tips dan Triknya!

Liburan Murah ke Luar Negeri – Punya goals liburan ke luar negeri? Gampang kok, asal kamu tau tips and triknya, liburan ke luar negeri nggak akan bikin kamu bangkrut.

Sebab faktanya, ada banyak cara untuk bisa liburan murah ke luar negeri. Selain menabung dengan sungguh-sungguh, kamu bisa menekan budget liburan lewat banyak cara. Mulai dengan memilih negara tujuan hingga berhemat selama liburan.

Nah tanpa banyak omong lagi, yuk simak tips liburan murah ke luar negeri yang bisa kamu praktikan sendiri atau bersama sahabat!

Baca juga: Cetak Photobook Liburan Seru Ke 5 Top Lokasi Wisata Thailand

Mau Ke Mana?

Tips liburan murah ke luar negeri yang pertama adalah menentukan destinasi di awal, jauh sebelum tanggal keberangkatan. Kamu bisa menyeleksi negara tujuan dengan memilih negara yang memiliki akses bebas visa untuk pemegang paspor Indonesia.

Alasannya karena membuat visa sendiri membutuhkan waktu lama dan tidak murah. Selain itu, ada kemungkinan visa kamu ditolak.

Nggak usah khawatir, nyatanya banyak negara bebas visa yang terbuka untuk turis Indonesia. Di Asia sendiri sudah ada banyak pilihan. Misalnya Thailand, Malaysia, Vietnam, hingga Hong Kong yang bebas visa selama 30 hari.

Nggak hanya di Asia, kamu bisa liburan ke luar negeri tanpa visa dengan mengunjungi Chile, Brazil, Haiti, Fiji, Belarus hingga Serbia. Namun ingat, bebas visa di sini memiliki batasan hari, jadi jangan perhatikan baik-baik agenda liburan kamu, ya.

Kapan Kamu Pergi?

Menentukan kapan kamu akan pergi berlibur juga penting untuk menekan anggaran liburan murah ke luar negeri. Carilah waktu atau musim dimana sekiranya belum banyak orang pergi liburan.

Di sini, kamu bisa mendapat dua keuntungan. Selain tiket murah, destinasi liburan murah ke luar negeri yang akan kamu kunjungi juga belum ramai turis. Alhasil kamu jadi tak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

Namun, biasanya dengan memilih waktu dimana tak banyak orang berlibur juga berarti tak bisa mengejar hari besar atau festival tertentu. Bahkan sangat mungkin destinasi tertentu tutup karena memang bukan masanya untuk buka.

Oleh karenanya, pastikan kamu mencari tahu destinasi tujuan apa saja yang buka saat kamu berkunjung. Sesuaikan antara musim dan cuaca di negara tujuan dengan aktivitas-aktivitas yang bisa kamu lakukan. Dijamin liburanmu akan tetap menyenangkan!

Cari Promo Tiket dan Penginapan Murah!

Dengan berkunjung di low season  biasanya harga tiket dan penginapan juga akan murah. Tapi kalau kamu memang pergi saat high season manfaatkanlah poin dan promosi tiket dan penginapan untuk menekan budget liburan.

Liburan Murah Ke Luar Negeri - Cari Promo dan Tempat Penginapan

Penginapan murah juga bisa didapat dengan menginap di hostel maupun alternatif penginapan lainnya. Kalau kamu tidak nyaman tidur seruangan dengan orang asing, kamu bisa pilih hostel dengan model kapsul.

Kalau kamu memang mau tidur di hotel, pilihlah hotel yang murah asal nyaman. Lalu manfaatkan waktumu untuk berada di luar dengan cara mengeksplorasi destinasi liburan murah ke luar negeri pilihanmu.

Fokuskan Liburan di Satu Kota

Berkunjung ke negara asing memang sangat menyenangkan. Apalagi kalau kamu bisa bebas berkeliling mengeksplor setiap sudutnya. Namun, kalau kamu mau berhemat, sebaiknya fokuskan destinasi wisata pada satu daerah saja.

Sebab kalau kamu memaksakan untuk mengunjungi semua destinasi wisata di negara itu, bisa-bisa kamu menghabiskan budget besar hanya untuk transportasi saja.

Carilah destinasi wisata yang berkumpul di satu wilayah. Misalnya kamu memutuskan berlibur ke Provinsi Krabi, Thailand. Lalu tentukan destinasi seperti pantai, danau, bangunan bersejarah seperti kuil.

Gunakan Moda Transportasi Umum

Kalau kamu sudah menentukan destinasi di satu wilayah, namun jarak masing-masing lokasi wisata berjauhan, jangan gunakan taksi atau moda transportasi pribadi lainnya.

Liburan Murah Ke Luar Negeri - Transportasi Umum

Gunakan moda transportasi umum seperti bus, kereta, MRT, hingga kapal ferry untuk berkunjung ke masing-masing lokasi wisata. Moda transportasi umum terbukti lebih murah. Di samping itu, sudah banyak negara yang memiliki moda transportasi umum yang nyaman dan ramah turis asing.

Belilah peta yang lengkap dengan informasi jalur kendaraan. Lalu carilah informasi keberangkatan dan jalur kendaraan pada petugas. Dengan begini, kamu jadi semakin berkesempatan untuk mengeksplorasi destinasi liburan!

Jangan Cuma Reminder, Manfaatkan Auto Debet!

Yang paling penting dalam tips liburan murah ke luar negeri adalah menyiapkan modal liburan! Memang kamu berencana untuk liburan murah, namun tak ada salahnya menyiapkan uang lebih untuk berjaga-jaga.

Jadi setelah menentukan tujuan dan tanggal keberangkatan, siapkanlah anggaran liburan. Nggak hanya pasang target dan pengingat, kamu juga bisa memanfaatkan auto debet di bank. Tujuannya supaya uangmu langsung ditarik dari rekening dan masuk ke rekening khusus liburan maupun layanan investasi untuk menabung dana liburan.

Jangan sampai rencana yang sudah kamu susun matang gagal karena budget kamu nggak segera terkumpul. Bisa-bisa malah lenyap impianmu bisa liburan murah ke luar negeri.

Nah itu dia tips dan trik liburan murah ke luar negeri yang bisa kamu terapkan sebelum hingga saat kamu liburan. Jangan lupa abadikan momen liburan seru dalam kamera digital, ya.

Setelah balik ke Indonesia, jangan lupa cetak foto momen liburanmu dalam photobook. Kamu bisa gunakan jasa cetak foto online ID Photobook. Dijamin hasil cetak foto kenangan makin kece dan siap untuk dipamerkan!

Baca juga: Destinasi Liburan Murah ke Luar Negeri? Kunjungi 5 Negara Ini Yuk!

5 Lokasi Liburan Murah Sampai Mahal di Bogor Ini Kece Abis!

Liburan Murah – Sedang stress? Capek? Itu tandanya kamu butuh liburan! Kamu butuh sweet escape tanpa harus pergi jauh dan nggak tau harus ke mana?

Bogor selalu menjadi destinasi liburan murah yang cocok untuk warga sekitar Bogor. Kalau nggak mau nunggu macet, kamu bisa berkunjung saat weekdays. Harus potong cuti, sih. Tapi nggak bakal deh kamu nyesel.

Nah, berikut ini ada 5 lokasi wisata menarik untuk agenda liburan murah di Bogor. Kamu bisa mengunjunginya saat butuh hiburan dan ketenangan.

Baca juga: Kecenya 3 Destinasi Liburan Murah di Surabaya

Kebun Raya Bogor

Berjalan di antara rindang pepohonan, duduk manis di atas rumput hijau nan asri. Kebayangkan suasana tenang yang bisa kamu peroleh dengan berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Cukup membayar tiket seharga 14.000 dan kamu bisa menikmati keindahan mutiara hijau sembari menenangkan pikiran.

Kamu juga boleh membawa bekal dan piknik cantik di rumput hijaunya. Asal perhatikan barang bawaan dan menjaga kebersihan. Nggak mau kan suasana liburan murah kamu terganggu oleh sampah yang berserakan.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Berendam dalam kolam air panas sambil memandangi indahnya pemandangan? Siapa yang tidak tertarik dengan liburan murah pemandian ini? Selain itu masih ada fasilitas outbond untuk anak-anak dan orang dewasa.

Kalau kamu tertarik mencoba terapi lintah dan fish pedicure, kamu bisa melakukannya di sini . Tapi kalau kamu memang datang ke Tirta Sanita untuk menenangkan pikiran, maka menyewa kolam privat atau VIP bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

Pemandangan hijau yang asri serta kolam belerangnya membuat penat menghilang. Kamu bisa foto-foto dan mengabadikan momen menyenangkan liburan murah meriah. Nah setelah itu, jangan lupa cetak foto sweet escape kamu ya! 

Taman Bunga Nusantara

Mengusir penat memang paling mudah dengan melihat pemandangan menenangkan. Nah selanjutnya Wisata ke Taman Bunga Nusantara di Bogor menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang suka ketenangan.

Di atas lahan seluas 23 hektar ini terdapat ribuan spesies bunga cantik serta pepohonan menarik. Keduanya diatur sedemikian rupa sehingga nampak apik di kamera. Tinggal kamu menyiapkan outfit of the day sehingga kamu ambil foto-foto ciamik.

Liburan Murah - Taman Bunga Nusantara

Cukup dengan biaya masuk sebesar 50.000 kamu bisa menikmati keseruan berjalan di antara dinding labirin. Kamu juga bisa naik ATV sambil balapan, hingga go kart. Jadi selain indah dan menenangkan, liburanmu juga nakin seru!

Emang sih 50.000 terbilang mahal. Tapi kamu bisa puas seharian jalan-jalan, piknik, atau sekedar foto cantik di antara hamparan bunga. Namun ingat ya, patuhi rambu-rambu yang ada. Jangan sampai kamu malah merusak keindahan taman yang menakjubkan!

Rafting di Sungai Cisadane

Kamu tidak nyaman dengan suasana yang terlalu tenang? Butuh aktivitas fisik untuk melepas stress? Arung Jeram di Sungai Cisadane bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu!

Tak perlu diragukan lagi pesona sungai dan air terjun di Bogor. Sekarang saatnya kamu menikmati keindahan itu dari dekat dengan naik perahu menyusuri sungai. 

Sambil menikmati keindahan dan main air, tetap perhatikan benar-benar instruksi pemandu, ya! Tujuannya supaya perahu karet nggak nyangkut dan selamat sampai tujuan. Ingat, makanan hangat dan es kelapa sudah menunggu!

Memandang Bogor dari Ketinggian

Belum puas dengan permainan arung jeram? Saatnya kamu mencoba paralayang di Bukit Gantole, Cililin. Wahana ini akan membawa kamu terbang dan mengamati keindahan Bogor dari ketinggian.

Dengan membayar 350.000 pengunjung dapat mencoba paragliding dan merasakan sensasi melayang selama 10 menit. Biaya tersebut juga sudah termasuk transportasi yang mengangkut kamu dari lokasi mendarat ke lokasi asal.

Liburan Murah - Paragliding

Kamu yang berminat harus mengikuti beberapa peraturan dan melakukan persiapan paralayang. Diharap mengenakan celana dan membawa kamera untuk mengabadikan momen seru terbang di atas ketinggian!

Tapi kalau sedang bokek, berjalan-jalan di area ini juga cukup menyenangkan. Cukup dengan membayar 13.000 Kamu bisa foto-foto sambil menikmati udara sejuk Kota Bogor yang kece abis!

Nah gimana? Tertarik dengan rekomendasi liburan murah meriah sampai yang mahal di Bogor? Atau kamu malah tertarik untuk cari destinasi liburan murah ke luar negeri?

Destinasi wisata mana pun yang bakal kamu pilih, selalu ingat untuk abadikan momen liburan murah meriah kali ini, ya. Dan jangan lupa gunakan jasa cetak foto polaroid ID Photobook. Photo printing service ini menyediakan layanan online yang bisa diakses dari mana saja! Tanpa ribet, kamu bisa terima hasil cetak photobook kamu di rumah.

Baca juga: Kenapa Sih Kita Harus Photo Printing di ID Photobook?

Liburan Murah ke Luar Negeri? Kunjungi 5 Negara Ini Yuk!

Liburan Murah ke Luar Negeri – Akhir tahun tinggal sebentar lagi. Setelah bekerja keras nggak ada salahnya kalau kamu mengambil waktu istirahat. Mau cuti atau tanpa cuti, kamu bisa kok atur agenda liburan murah keluar negeri. 

Emangnya bisa liburan murah ke luar negeri? Bisa dong. Faktanya liburan ke luar negeri tak harus mahal. Beberapa negara khususnya negara di Asia menawarkan banyak destinasi liburan murah ke luar negeri

Nah berikut ini adalah 5 negara yang menawarkan liburan dengan harga murah. Kamu tetap bisa berlibur tanpa takut bangkrut!

Baca juga: Kecenya 3 Destinasi Liburan Murah di Surabaya

Thailand

Destinasi liburan murah ke luar negeri yang pertama adalah liburan ke Thailand. Negara gajah putih ini sudah terkenal di seluruh dunia sebagai tujuan wisata eksotis. Pantai pasir putih dengan laut birunya siap menghilangkan penat.

Lokasinya yang tak jauh dari Indonesia bisa juga cocok untuk kamu yang tak ingin mengambil cuti. Kamu bisa berkunjung ke Thailand saat weekend, mengambil penerbangan terakhir pada hari Jumat, atau penerbangan pertama pada hari Sabtu. Lalu fokuskan agenda liburanmu di satu kota.

Misalnya kamu memfokuskan liburan di Bangkok. Kamu bisa berjalan-jalan ke kuil Wat Pho dan wisata sejarah ke The Grand Palace. Atau kamu bisa pergi ke Krabi. Menikmati agenda liburan menenangkan di pantai pasir putih lalu menikmati kuliner khas Thailand. Kamu bisa balik ke Indonesia hari Minggu sore sambil bersiap menghadapi hari-harimu.

Nggak salah juga kalau kamu mengambil cuti untuk benar-benar merasakan liburan di Thailand. Selain Krabi dan Bangkok, kamu bisa mendatangi Chiang Mai dan berkunjung ke Wat Phra That Doi Suthep, Doi Inthanon hingga ke lokasi konservasi Gajah.

Gimana, seru kan? Eits, tak hanya seru, Thailand masuk destinasi wisata murah loh. Pastinya stres kamu langsung hilang setelah liburan!

India

Siapa yang tak kenal India. Sebagai negara terpadat kedua di dunia, India juga dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang rendah. Sehingga kamu bisa merencanakan liburan ke tanpa harus membuat kantong kering.

Negara penghasil rempah-rempah terbesar ini juga menjadi rumah untuk Taj Mahal. Bangunan makam nan megah ini masuk ke salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bayangkan kalau kamu berkesempatan mendatangi dan melihatnya secara langsung! 

Liburan Murah ke Luar Negeri - India

Kamu juga nggak perlu khawatir karena bahasa kedua yang sering digunakan masyarakat India adalah bahasa Inggris. Jadi gampang deh kalau mau tanya jalan dan menawar harga oleh-oleh.

Jangan lupa siapkan visa dan kamera untuk menangkap momen seru liburan ke negara penuh warna ini. Pastikan juga kamu menjaga keamanan barang-barangmu, jangan sampai kamu tersesat atau kehilangan barang berharga, ya!

Chile

Berada di wilayah Benua Amerika bagian selatan, Chile menjadi destinasi liburan murah ke luar negeri selanjutnya. Beribukota di  Santiago, biaya hidup di Chile terbilang lebih murah dibanding negara lain di sekitarnya. 

Soal destinasi wisata, Chile memiliki beragam destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari jajaran pantai yang eksotik, pegunungan lembah dan gurun, hingga gletser! Bayangkan serunya melihat salju dan gletser dengan mata kepala sendiri!

Liburan Murah ke Luar Negeri - Chile

Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Rapa Nui di Pulau Paskah (Easter Island) yang sudah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Kamu juga bisa melihat pinguin, anjing laut dan singa laut yang hidup di habitat alami mereka di Los Pinguinos Natural Monument.

Kota Valparaiso juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa berfoto dengan outfit of the day di antara bangunan dan jalanan unik. Pokoknya kamu harus siapkan kamera untuk mengabadikan momen liburan murah kali ini!

Singapura

Mau liburan murah ke luar negeri tapi malas urus visa? Kamu bisa liburan murah ke luar negeri tanpa visa dengan berkunjung ke Singapura.

Negara-kota ini memang masuk dalam negara dengan biaya hidup yang tinggi se-Asia, namun soal liburan, masih relatif terjangkau, kok! Apalagi Singapura dekat dengan Indonesia sehingga relatif mudah dijangkau.

Liburan Murah ke Luar Negeri - Singapura

Tips liburan murah ke luar negeri ala Singapura bisa dimulai dengan pemilihan trip satu hari tanpa menginap. Kamu bisa mengambil penerbangan pertama dari Jakarta ke Singapura. Begitu mendarat di Changi langsung samperin Merlion Park dan berfoto di ikon Negara Singapura ini.

Siang dan sore bisa kamu habiskan dengan berkunjung ke Jurong Bird Park. Jangan lupa berburu makanan di Chinatown. Lalu sekitar pukul 7 malam, kamu bisa mengejar penerbangan ke Jakarta. Tapi kalau kamu mengagendakan liburan lebih dari sehari, menikmati suasana malam di Marina Bay sands Skypark juga nggak kalah seru.

Gimana? Tertarik liburan seru ke Singapura?

Vietnam

Negara dengan biaya liburan murah terakhir yang akan dibahas adalah Vietnam. Masih berlokasi di kawasan Asia Tenggara, Vietnam menawarkan wisata murah baik untuk makanan lokal, penginapan hingga memasuki kawasan wisata.

Kamu bisa menikmati pantai tropis yang eksotis hingga pemandangan pegunungan yang menenangkan. Kamu juga bisa menikmati Pho, makanan khas vietnam yang merupakan sup berisi mie beras, tauge, potongan daging sapi atau ayam, serta daun jeruk.

Liburan Murah ke Luar Negeri - Vietnam

Selain itu kamu bisa mencoba Banh Cuon, Banh Xeo, Banh Mi, Ca Kho To hingga Ca Phe, kopi khas Vietnam. Dijamin makanan itu bikin lidahmu bergetar.

Setelah menikmati jajanan khas Vietnam, kamu bisa berkunjung ke Ha Long Bay untuk menikmati pemandangan laut. Ke Gereja St. Joseph dan Kota Tua Hoi An yang menawarkan hingga Pulau Phi Quoc.

Nah itu dia 5 negara yang cocok sebagai destinasi liburan murah ke luar negeri. Tentukan sendiri negara yang ingin kamu kunjungi, sesuaikan dengan budget kamu dan partner liburan.

Yang penting, abadikan momen seru liburan murah ke luar negeri kalian lewat kamera foto. Setelah kembali ke Indonesia, jangan lupa cetak foto kenangan dalam album foto bersama ID Photobook. Dijamin nggak nyesel!

Baca juga: Pentingnya Cetak Foto Kenangan Manis Liburan Bareng Keluarga