5 Peluang Usaha Ternak Ini Tak Butuh Lahan Luas

Peluang Usaha – Halo calon pengusaha! Anda tertarik dengan usaha ternak? Terpikat dengan keuntungan besar yang menjanjikan? Memang faktanya usaha ternak masih menjadi primadona masyarakat.

Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan peluang usaha ini harus memiliki modal besar serta lahan yang luas. Lantas, bagaimana masyarakat perkotaan yang ingin beternak dan tak memiliki lahan yang luas. Apakah bisa?

Warga perkotaan bisa menarik nafas lega karena nyatanya tak semua bisnis ternak harus dilakukan di lahan luas. Ada beberapa peluang usaha ternak yang bisa dilakukan di lahan kecil dengan modal kecil. Pastinya peluang usaha baru ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Nah, berikut ini adalah 5 peluang usaha ternak yang tak butuh lahan luas dan patut kamu coba!

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Lobster Air Tawar

Belum beralih dari biota perairan, saatnya membahas usaha ternak lobster air tawar. Lobster air tawar (LAT) lebih mudah dibudidayakan dibanding lobster air laut.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembangbiakkan lobster ini. Mulai dari kolam semen hingga akuarium. Lengkapi media tersebut dengan peralatan sirkulasi dan filter air.

Untuk pakan Anda bisa menggunakan cacing halus dan udang segar hingga tanaman air seperti ubi jalar. Perlu diingat perawatan lobster hingga siap panen pun tidak mudah. Namun jika berhasil, Anda akan memperoleh keuntungan yang besar. 

Budidaya Ikan Hias

Peluang usaha ternak pertama yang bisa dilakukan di rumah adalah ternak ikan hias. Ternak ikan hias tak makan banyak tempat sehingga menjadi peluang usaha rumahan yang patut dijajal.

Ada banyak pilihan ikan hias yang bisa dicoba, seperti ikan mas koki, cupang, guppy, serta lohan yang mudah untuk dikembangbiakkan. Selain itu, sampai saat ini ikan cupang juga masih memiliki banyak peminat. 

Peluang Usaha - Ikan Hias

Untuk budidaya ikan hias, Anda cukup menyediakan akuarium kecil serta tanaman air yang biasanya akan digunakan anakan ikan. Kemudian carilah indukan ikan yang berkualitas tinggi. Jika beruntung, telur-telur ikan dapat berkembang dan menetas dalam kurun satu minggu.

Setelah umurnya pas, pisahkan ikan-ikan tersebut dalam akuarium yang lebih kecil. Di sini, Anda bisa memanfaatkan toples bening, botol air mineral hingga botol bekas selai untuk tempat tinggal ikan.

Burung Puyuh

Burung puyuh terkenal dengan kelezatan telurnya untuk disantap. Sayangnya tingginya permintaan telur ini tak selalu diimbangi dengan jumlah burung puyuh. Sehingga harga telurnya pun meroket.

Kondisi inilah yang membuka peluang usaha ternak burung puyuh menjadi menguntungkan. Anda cukup menyediakan lahan di belakang rumah untuk mengembangkbiakkan burung puyuh.

Jika usianya sudah cukup Anda bisa menjualnya. Tak berhenti di situ, Anda juga bisa memanfaatkan telur yang ada sebagai peluang usaha makanan. Anda bisa mengolahnya menjadi sate dan menyalurkannya ke warung atau tempat makan di sekitar.

Ternak Jangkrik

Hewan yang dianggap merusak tanaman ini ternyata bisa menjadi peluang bisnis ternak baru. Memang awalnya terlihat meragukan, namun jangkrik masih banyak peminatnya terutama untuk pakan hewan seperti burung dan reptil.

Peluang Usaha - Ternak Jangkrik

Jangkrik sebenarnya banyak ditemukan di daerah suburban atau tepian kota. Namun, menangkap jangkrik tidaklah mudah. Itu yang membuat orang-orang memilih untuk membeli jangkrik daripada memburunya sendiri.

Anda cukup menyiapkan kotak kayu untuk menampung ratusan jangkrik. Namun yang terpenting dari usaha ternak adalah mencari indukan yang berkualitas. Begitu juga dengan peluang usaha ternak jangkrik ini.

Ternak Kroto

Selain jangkrik, kroto juga memiliki peminat untuk dijadikan pakan. Bahkan tak sedikit produsen pakan burung yang membeli kroto sebagai campuran pakannya. Sebab banyak yang menyatakan bahwa kroto sangat baik untuk burung pemakan serangga.

Budidaya kroto termasuk mudah dan tidak memerlukan lahan luas. Sebab Anda bisa memulai usaha kroto dengan menyiapkan toples sebagai media. Selanjutnya siapkan air gula, jangkrik, maupun serangga lain sebagai sumber makanan. 

Dari situ Anda tinggal menunggu 10-20 hari sampai semut berkembang biak. Dalam waktu tersebut, satu koloni kroto bisa menghasilkan kroto seberat 1 kilogram. Lalu Anda bisa memasarkan kroto ke warung maupun produsen pakan serta pemelihara burung.

Nah itu dia 5 peluang usaha ternak yang tak perlu lahan luas. Anda bisa mencobanya sebagai pekerjaan sampingan untuk memperoleh penghasilan pasif.

Pelajari lagi setiap detil peluang usaha ternak yang ada sebab masing-masing hewan memiliki ciri khasnya masing-masing. Setelah itu, jalani usaha Anda dengan tekun. Dengan demikian Anda keuntungan dari bisnis ternak ini makin nyata. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Peluang Usaha Baru yang Bisa Dikerjakan Di Rumah

5 Ide Bisnis Kekinian ini Patut Dicoba di Masa Pandemi

Ide Bisnis – Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, kondisi perekonomian mengalami gejolak besar. Rasanya tak mungkin jika hanya mengandalkan gaji. Kita dituntut untuk memutar otak demi mencari peluang usaha baru.

Namun, bisnis apa sih yang cocok saat masa pandemi ini? Nggak perlu khawatir. Berikut ini adalah 5 ide bisnis ide bisnis kreatif dan unik untuk peluang usahamu.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Masker

Adaptasi kebiasaan baru mewajibkan kita semua untuk selalu pakai masker. Yang perlu diingat, masker N95 dan masker bedah masih dikhususkan untuk tenaga kesehatan. Oleh karenanya, sebagai orang awam, baiknya menggunakan masker kain.

Menjahit masker kain bisa menjadi pilihan usaha menguntungkan di tengah pandemi Covid-19. Kamu bisa belajar menjahit masker yang ternyata nggak sulit. Kamu juga bisa pilih sendiri desain masker yang sesuai dengan target pasar.

Selain itu, perhatikan pula tali atau pengikat pada masker supaya bisa dipakai maupun disimpan dengan mudah. Pastikan kamu menggunakan kain yang tebal namun tidak terlalu tebal, jangan-jangan pelanggan malah kesulitan bernafas. 

Manfaatkan sosial media dan teman-temanmu untuk mempromosikan dagangan. Atau kamu juga bisa memberikan promosi untuk pembelian khusus.

Ide Bisnis Bahan Makanan Siap Masak

Awalnya bisnis menjual sayuran dan bahan makanan siap masak bisa dikatakan sebagai ide bisnis gila. Karena siapa sih yang mau membayar uang lebih untuk membeli sayuran? Padahal kan sudah ada tukang sayur keliling.

Nyatanya bisnis ini cocok diterapkan di tengah pandemi Covid-19. Sebab salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19 adalah dengan menjaga jarak aman yakni sekitar 1 meter. Semantara yang kita tau, supermarket dan pasar adalah tempat biasa orang berkerumun.

Ide Bisnis Bahan Makanan Siap Masak

Menjalankan bisnis makanan siap masak ini justru ikut mengurangi risiko penularan Covid-19. Sebab pelanggan tidak harus berangkat ke pasar, bertransaksi maupun berdekatan dengan orang yang entah sudah berjalan ke mana saja.

Yang perlu diperhatikan dalam menjalankan ide bisnis kreatif makanan siap masak ini adalah menjaga kebersihan bahan makanan tersebut. Pastikan bahan-bahan juga melalui tahap sterilisasi sebelum diantar ke rumah pelanggan.

Homemade Ice Cream

Dalam situasi apapun, es krim tak pernah salah tempat. Es krim selalu bisa dinikmati, saat cuaca panas, bahkan saat dingin pun orang sulit menolak es krim.

Kamu yang sedang mencari ide bisnis kreatif dan unik bisa berkreasi sendiri soal resep es krim. Tentukan takaran yang tepat dan varian rasa yang istimewa supaya es krim buatan rumah kepunyaanmu menarik minat pelanggan.

Cari pembeda es krim buatan kamu dibanding es krim merk lain. Misal kamu bisa bedakan di penamaan rasa atau bahan dasar pembuatan es krim. Saat promosi, tekankan pada bahan dan proses pembuatan es krim yang higienis serta pembeda tersebut.

Jangan lupa buat logo dan tagline menarik supaya es krim kamu mudah dikenali.

Kamu juga bisa menambahkan layanan antar ke rumah supaya pelanggan kamu tidak harus keluar hanya untuk mengambil es krim. Saat proses pengantaran pastikan kamu juga mentaati protokol kesehatan ya. 

Pakaian Formal untuk Di Rumah

Berhubung pandemi Covid-19 dianjurkan jaga jarak, kamu yang beruntung bisa diberi kesempatan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Kalau kerja dari rumah, enaknya tetap pakai baju rumah kan ya. Tapi gimana kalau  mendadak ada undangan meeting lewat video call. Bisa gelagapan cari baju yang rapi biar tetap terlihat profesional. Namun pakai pakaian formal selama di rumah juga tidak selalu nyaman.

Nah, kamu yang jago desain, yuk desain pakaian formal untuk di rumah. Mungkin kamu bisa awali dengan jumpsuit atau sekadar piyama dengan bahan dasar kain yang berbeda-beda.

Untuk promosi, manfaatkan sosial media kamu dengan baik ya. Minta teman-teman hitz kamu untuk bantu promosi daganganmu. Mainkan ide promosi seperti diskon dan giveaway yang menarik, ya.

Kopi Susu Kemasan

Salah satu yang paling dirindukan saat pandemi Covid-19 menyerang adalah nongkrong di cafe. Ingatkan masa-masa ngerjain tugas di cafe sambil ditemani es kopi susu, musik, dan teman yang menyenangkan. Tapi meski nggak bisa nongkrong, es kopi susu nggak boleh absen dong. Makanya bisnis kopi susu take away bisa jadi ide bisnis kekinian yang patut dicoba.

Ide Bisnis - Kopi Susu Literan

Terutama untuk kamu mahasiswa semester akhir. Daripada menunggu kepastian dosen yang tak kunjung datang dan pandemi yang menyerang. Sambil menunggu hasil penelitian yang tak kunjung lengkap, kamu dan teman-teman boleh banget mencari uang tambahan dengan mencoba ide bisnis unik mahasiswa semester akhir ini.

Mengapa? Karena selain perpustakaan dan kamar kosan, biasanya mahasiswa belajar dan mengerjakan tugas di cafe. Nah berhubung belum boleh ke cafe, kamu bisa mengajak sesama mahasiswa untuk buka bisnis unik ini, atau menjadikan mereka target bisnismu.

Nah itu dia 5 ide bisnis kekinian yang patut dicoba di masa pandemi. Sebelum memulai usaha, persiapkan mental untuk menghadapi tantangan bisnis yang ada. Dan semoga, ide bisnis kreatif dan unik ini tak hanya menumpuk jadi ide tanpa diwujudkan, ya!

Baca juga: Cara Menabung Ini Salah! Milenial, Yuk Ubah Kebiasaan Ini!

5 Peluang Usaha Baru Ini Bisa Dikerjakan Di Rumah!

Peluang Usaha – Kamu ingin membuka usaha? Atau sekadar gabut dan ingin cari informasi? Entah apa alasanmu mampir ke artikel ini, memang nggak ada salahnya kamu mencari info tentang peluang usaha baru yang bisa dilakukan.

Di tengah maraknya bisnis baru mainstream, banyak di antaranya yang bisa dikerjakan di rumah. Baik itu sebagai penghasilan utama maupun pendapatan kedua, peluang usaha rumahan memang patut dicoba.

Nah, berikut ini adalah 5 peluang usaha baru yang ternyata bisa dikerjakan di rumah. Tak perlu jauh-jauh ke luar rumah, uang bisa datang dengan sendirinya.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Peluang Usaha Pembayaran Online

Perkembangan teknologi membawa banyak keuntungan bagi kita. Salah satunya adalah kemudahan melakukan transaksi pembayaran apapun. 

Setiap bulannya, seseorang harus membayar tagihan tagihan listrik, telepon, dan lain sebagainya. Bahkan saat pandemi Covid-19 merebak, banyak sistem hampir semua transaksi beralih melalui sistem dalam jaringan. Seperti pembayaran pajak hingga iuran kesehatan masyarakat. 

Hal inilah yang membuat bisnis pembayaran online menjadi peluang usaha baru yang dapat dilakukan di rumah. Masalah tagihan dan kode pembayaran bisa dilakukan dengan pesan atau chat. Begitu pula pengiriman bukti pembayaran.

Kamu bisa mulai bisnismu dengan mencari vendor penyedia Payment Point Online Bank, serta mencari lokasi strategis. Lokasi strategis ini tak harus langsung ke ruko, melainkan bisa dimulai dari rumah atau tempat tinggal kamu. Jadi pas bangetkan pembayaran online ini sebagai peluang usaha rumahan.

Penyewaan Perlengkapan Bayi

Dewasa ini, menyambut kelahiran bayi bisa menimbulkan beragam perasaan di hati orang tua. Ada perasaan senang dan haru menyambut kelahiran bayi yang dinanti. Namun, ada juga yang kurang beruntung dan harus merasa was-was dengan biaya masa depan anak.

Tak hanya itu, pada usia awal kelahiran bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat. Rasanya baru membeli sepatu namun sudah tidak cukup lagi. Rasanya baru membeli mainan tapi tiba-tiba saja anak harus beralih ke jenis permainan lain.

Lantas bagaimana nasib peralatan dan permainan yang tak terpakai? Dibuang? Jangan dong!

Peluang Usaha - Perlengkapan Bayi

Anda yang cerdas harusnya bisa melihat kondisi ini sebagai peluang usaha baru. Anda bisa membuka tempat persewaan peralatan dan perlengkapan bayi. Mulai dari stroller bayi, mainan-mainan, tempat tidur, hingga car seat.

Sewa bisa peruntukkan harian, mingguan, maupun perbulan. Kamu bisa tentukan itu dengan berdasar pada permintaan pembeli, harga serta usia pakai peralatan. Buat juga aturan denda apabila barang yang dipinjam kembali dalam keadaan rusak. Kalau nggak gitu, kamu bisa rugi dan harus beli perlengkapan baru.

Bisnis Pembuatan Jamu Herbal

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada memang membawa banyak dampak positif untuk manusia. Saat ini mulai banyak ditemukan obat penyembuh, vaksin, hingga alat pemeriksaan yang dapat bekerja dengan efektif. 

Namun hal itu justru membangkitkan semangat untuk kembali ke alam. Terutama mereka yang diharuskan untuk minum obat setiap hari seumur, akan semakin terdorong untuk mengikuti semangat itu.

Makanya, meski teknologi terus berkembang, bisnis jamu herbal ini tak pernah surut. Meskipun tidak lantas menggantikan posisi obat, jamu herbal memberi harapan baru akan kesehatan masyarakat yang menyeluruh.

Walau banyak peminat, faktanya pembuatan jamu herbal tidak mudah. Sehingga orang-orang akan memilih untuk membeli daripada membuat sendiri.

Budidaya Jamur

Tahukah kamu bahwa permintaan jamur sebagai dasar olahan makanan terus meningkat? Sehingga tak heran jika budidaya jamur menjadi peluang usaha rumahan patut dicoba.

Ada banyak ragam jenis jamur yang bisa dibudidayakan. Dengan pengaturan suhu dan kelembaban yang tepat, jamur dapat tumbuh subur. Bahkan bisa panen setiap hari.

Budidaya jamur tiram menjadi yang terpopuler di antara jamur lain. Kamu harus menyiapkan kumbung atau rumah jamur dan baglog atau media tanaman jamur. Kemudian lakukan perawatan rutin dan jamur pun siap dipanen.

Peluang Usaha - Budidaya Jamur

Kalau kamu ingin mencoba jenis jamur lain, cobalah jamur merang, jamur kuping hingga jamur enoki. Kemas hasil panen jamur dengan plastik tebal lalu tutup dengan rapat supaya jamur lebih awet dan tahan lama.

Ternak jamur juga membuka peluang usaha makanan. Kamu juga bisa menjual kreasi jamur hasil panen dalam bentuk makanan. Misalnya sate jamur, jamur crispy, hingga burger vegetarian.

Untuk informasi lengkapnya, sudah banyak artikel di internet maupun video di youtube yang bisa kamu baca. Jadi, selamat mencoba!

Peluang Usaha Ternak

Terakhir ada bisnis yang akhir-akhir ini meroket, yakni usaha ternak. Tak hanya ternak ayam, sapi, maupun hewan potong lainnya. Ada banyak pilihan untuk membuka peluang usaha ternak lain yang pilih.

Misal kamu ingin usaha ternak  namun tak memiliki lahan yang luas. Maka kamu bisa pilih usaha ternak hewan yang tak makan tempat seperti ternak jangkrik, ikan hias dan juga kroto. Jangan kaget, nyatanya banyak pabrik pakan burung yang membutuhkan pasokan kroto alami untuk pencampuran produknya.

Kalau kamu tertarik, kamu juga bisa membuka peluang usaha ternak marmut. Hewan imut yang biasa jadi peliharaan ini ternyata juga memiliki banyak peminat di bidang kuliner.

Nah itulah 5 peluang usaha baru yang bisa dikerjakan di rumah. Setelah membaca, yuk praktikkan peluang usaha rumahan ini. Kamu bisa ajak keluarga maupun tetangga untuk membantu perekonomian sekitar. Jangan takut gagal namun pastikan perhitunganmu siap untuk mengambil peluang usaha tersebut.

Terakhir, kalau kamu butuh promosi atau souvenir untuk usahamu, ID Photobook menerima layanan jasa cetak foto harga murah dalam bentuk kalender. Jadi kamu bisa bagikan kalender ke pelanggan yang memuat foto produk dan penjelasan singkatnya! Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

5 Ide Bisnis Makanan Ini Patut Dicoba oleh Kamu yang Kreatif

Ide Bisnis – Di tengah situasi sekarang ini, mengandalkan satu sumber penghasilan saja tidak cukup. Kamu harus pintar-pintar cari peluang supaya kebutuhan bisa terpenuhi sekaligus menabung untuk hari tua nanti.

Tak ada salahnya jika kamu membuka bisnis baru sebagai sumber penghasilan tambahan. Lagi cari ide bisnis kreatif dan unik? Kamu bisa awali dengan terjun ke bisnis kuliner.

Mengapa bisnis kuliner? Karena selain memenuhi kebutuhan pokok, bisnis makanan bisa dijalankan dengan modal kecil dan menghasilkan untung besar. Masalah tenaga kerja, kamu bisa mengandalkan diri sendiri saat memulai usaha.

Nah, kalau kamu masih bingung, berikut ini ada 5 ide bisnis kreatif makanan yang patut kamu coba untuk mengawali bisnismu.

Baca juga: Cari Uang Tambahan Saat Pandemi Lewat 4 Peluang Bisnis Ini

Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Awalnya bisnis menjual sayuran dan bahan makanan siap masak bisa dikatakan sebagai ide bisnis gila. Karena siapa sih yang mau membayar uang lebih untuk membeli sayuran? Padahal kan sudah ada tukang sayur keliling.

Nyatanya bisnis ini cocok untuk masyarakat perkotaan yang sibuk. Sebab meskipun sudah ada tukang sayur keliling, bisnis sayuran dan bahan mentah ini dinilai lebih praktis.

Ide Bisnis - Sayuran dan Bahan Makanan Siap Masak

Pemesanannya bisa dilakukan secara online. Harga serta jumlah yang dibeli bisa lebih transparan dan pastinya nggak akan berebut dan kehabisan karena makanan sudah dipesan sebelumnya.

Sediakan fasilitas pembayaran seperti transfer untuk memudahkan pembeli sekaligus mempermudah pencatatan. Dan untuk pelanggan yang super sibuk, bisa janjian dulu sebelum sayuran dan bahan makanan siap masak diantar ke rumah. 

Model usaha ini bisa diawali dengan mencari tempat kulak sayur dan bahan makanan lain. Kamu bisa kulak langsung dari petani atau dari penjual tangan pertama. Carilah bahan yang masih segar supaya pelanggan puas dengan kualitas yang diberikan.

Sate Taichan

Nikmatnya sate taichan nggak diragukan lagi. Meski sudah booming sejak lama, pesona sate taichan tak kunjung redup. Inilah yang membuat sate taichan masuk dalam ide bisnis makan yang patut dicoba.

Sebenarnya sate taichan pun bisa dikatakan ide bisnis gila. Menu sate taichan sendiri akan membuat orang bertanya, apa enaknya sih sate yang nggak pakai bumbu apapun? Karena kalau dilihat sekilas daging sate taichan masih bewarna putih dan didampingi sambal, sama aja kayak makan nasi ayam dan sambal.

Tapi ternyata perbedaan itu yang membuat pelanggan tertarik.

Kalau dilihat dari resepnya, memasak sate taichan bukan nggak pakai bumbu. Melainkan bumbunya lebih sederhana dibanding jenis sate lainnya. Bahan-bahannya pun  mudah didapat dan prosesnya pun cepat. Dijamin kamu bisa balik modal dalam waktu dekat.

Kamu hanya perlu siapkan bumbu untuk memarinasi daging maupun kulit ayam serta menyiapkan resep sambalnya. Lalu saat memanggang sate, pastikan daging sudah matang namun tetap empuk. 

Sate taichan yang pedas cocok dihidangkan bersama olahan susu murni maupun aneka macam es. Jadi selain membuka warung sate taichan, jangan lupa siapkan aneka resep minuman segar sebagai pendamping.

Katering 

Bisnis katering memang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Namun katering tak hanya untuk acara besar seperti resepsi atau hajatan lain. Katering juga bisa disiapkan untuk sajian harian maupun katering sehat.

Kamu yang ahli tata boga dan mempelajari ilmu gizi cocok banget untuk membuka usaha katering. Sebab kamu harus menghitung terlebih dahulu kebutuhan energi serta kandungan gizi pelanggan. Nantinya hitungan ini yang akan digunakan sebagai dasar menu makanan.

Sedangkan pada katering harian, menu makanan yang disediakan bisa lebih bebas. Meski begitu, tak sedikit katering yang menyediakan beberapa menu alternatif dan pelanggan bisa memilih sendiri sesuai selera.

Hebatnya mau katering sehat maupun harian, keduanya dapat berjalan bersamaan. Jadi cakupan sasaran usaha kamu bisa lebih luas.

Dessert Box

Wah, jajan yang satu ini jelas tak boleh dilewatkan dan cocok banget jadi ide bisnis kekinian. Sekarang ini dessert box sedang menjadi primadona banyak orang. Maka tak heran jika usaha dessert box menjadi ide bisnis unik mahasiswa.

Sayangnya makanan yang paling enak disajikan saat dingin ini mengandung banyak kalori. Karena baik bahan pembuat dan porsinya yang relatif besar juga berkalori tinggi.

Nah, coba kembangkan ide bisnis kekinian dessert box ini dengan porsi dan kalori yang terkontrol. Kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan pemanis alami seperti madu, mengurangi takaran gula dalam adonan, atau menggunakan alternatif bahan makanan berkalori rendah.

Jangan lupa tonjolkan keunikan merk dagang kamu dibanding usaha kuliner lain, ya. Supaya orang langsung mengetahui produk ini milikmu.

Salad Buah dan Smoothie Bowl

Masuk dalam kelompok makanan sehat, salad buah dan smoothie bowl jadi cemilan yang banyak diminati.

Salad buah dan smoothie bowl menjadi alternatif cemilan yang banyak diminati. Karena tak hanya enak, kandungan buah di dalamnya membuat salad buah dan smoothie bowl masuk dalam kelompok makanan sehat.

Ide Bisnis - Salad Buah dan Smoothie Bowl

Smoothie bowl merupakan jus buah murni yang dihidangkan dalam mangkuk. Lalu ditaburi buah-buahan, kacang serta biji-bijian sebagai topping. Untuk resep, coba dan ikuti dulu resep yang banyak beredar di internet. Selanjutnya, kamu bisa kreasikan sendiri mana yang enak.

Mainkan perpaduan warna buah-buahan yang unik agar smoothie bowl dan salad buah terlihat makin menarik. Perhatikan juga kandungan keju dan susu dalam salad buah, karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup besar. Salah-salah bukannya jadi sehat malah tertimbun lemak.

Itulah 5 ide bisnis kreatif di bidang kuliner yang patut dicoba. Sebelum memulai usaha, pastikan riset pasar dan sasaran pembelimu tepat. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik.

Persiapkan mental untuk menghadapi tantangan bisnis yang ada. Dan semoga, ide bisnis kreatif dan unik ini tak hanya menumpuk jadi ide tanpa diwujudkan, ya! Siapa tau bisnismu bisa membawa kamu liburan ke Jepang!

Baca juga: Cari Uang Tambahan Ala Mahasiswa yang Patut Dicoba