9. Yuk Kita Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Yuk Kita Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Tumbuh Kembang – Seperti yang kita lihat pada umumnya, anak usia 6 tahun sudah disiapkan untuk masuk ke bangku sekolah. Bila sebelumnya anak sudah diikutkan paud, playgroup, maupun taman kanak-kanak, sekarang saatnya anak naik ke jenjang pendidikan yang lebih formal.

Apakah anak siap dilepas secara mandiri untuk sekolah? Dan apakah kita sebagai orang tua sudah siap untuk melepas anak kita?

Perasaan cemas dan khawatir seperti itu adalah hal yang wajar. Namun, sebagai orang tua, kita pun harus menyadari bahwa pendidikan formal juga membantu anak dalam memenuhi tahapan tumbuh kembang anak usia dini.

Sekolah juga mengajarkan anak untuk lebih disiplin serta berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Di samping itu, anak juga diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang dibebankan padanya.

Lantas bagaimana dengan sikap yang harus diambil orang tua? Tentu saja Anda tidak bisa lepas tanggung jawab dan membebankan pada guru sepenuhnya. Justru memasuki usia sekolah, peran orang tua semakin penting dalam berikan perhatian dan dukungan.

Berikut ini adalah tahapan tumbuh kembang anak usia sekolah yang harus diperhatikan orang tua.

Baca juga: Hi Parents! Pastikan Anak Penuhi Tahapan Tumbuh Kembang, Yuk

Usia 6 Tahun

Pada usia ini anak sudah memiliki kemampuan koordinasi yang baik. Sehingga tak diragukan lagi bagaimana mereka aktif bermain dan menyukai olahraga. Anak juga akan mulai menunjukkan keterampilan menggunting, menulis, hingga menggunakan peralatan makan dengan benar.

Imajinasi anak yang sebelumnya terus berkembang liar, kini mulai berkurang. Anak sudah bisa mengenali temannya serta mengurangi intesnsitasnya bermain dengan teman imajinasinya. Namun demikian, imajinasi anak bukan lantas menghilang, imajinasi itu tetap melainkan tetap aktif untuk hal-hal yang nyata seperti warna.

Pada usia ini sebaiknya Anda mulai melatih kemampuan anak untuk menyelesaikan permasalahan sendiri. Meski tetap dengan pendampingan, mulailah mendorong anak untuk menentukan pilihannya sendiri.

Ajari anak anda untuk peduli pada orang lain serta memahami konsep nilai kerja tim. Di samping itu, sangat penting untuk mengajarkan pada anak tentang bagaimana cara menyuarakan emosi dengan benar, tanpa selalu menangis maupun mengamuk.

Usia 7 Tahun

Anak usia 7 tahun sudah mulai menunjukkan minat belajar tertentu, baik belajar mandiri maupun bersama teman-teman. Pada usia ini pula anak sudah bisa melihat perbedaan dan persamaan dengan teman-teman sebayanya. Dari situ pula mereka sudah bisa menemukan kecocokan bermain dengan teman-temannya sehingga mengeratkan hubungan persahabatan.

Dari segi kemampuan berbahasa, anak usia 7 tahun sudah memiliki kemampuan membaca yang lancar. Mereka juga sudah bisa menyusun kalimat lengkap tanpa bantuan serta memahami bahwa pada kata atau kalimat tertentu dapat bermakna lain.

Tumbuh Kembang - 7 Year Old

Di samping itu mereka juga mulai menunjukkan minat pada bidang seni dan olah raga. Bersikaplah terbuka dengan segala kemungkinan minat bakat ini supaya anak bisa menyampaikan keinginan dan minatnya. Kemudian bantulah anak untuk memetakan bakat dan minatnya.

Apabila memungkinkan, libatkan anak dalam kegiatan berkelompok maupun les privat. Tak ada salahnya Anda mendampingi saat anak mengeksplorasi bakat dan minat tersebut. Jangan lupa abadikan proses belajar anak dan prestasinya. Anda bisa mencetak momen membanggakan itu dalam photobook unik diĀ  ID Photobook.

Usia 8 Tahun

Setelah mulai merasakan empati pada orang lain, memasuki usia 8 tahun anak akan mulai memahami pola pikir orang lain. Dari situ anak akan mulai memahami apabila ada pendapat orang lain yang berbeda darinya. Namun demikian, cara berpikir mereka masih dipengaruhi perasaan dan emosinya.

Perkembangan berhitung mereka juga mulai meningkat. Begitu juga dengan kemampuan mereka untuk mengenal konsep uang. Berilah pengertian kepada anak untuk mengenal konsep menabung serta manfaatnya. Anda bisa melakukannya dengan memberikan contoh menabung sambil mengajak anak untuk menabung.

Mulailah mengajari anak tentang konsep benar atau salah. Sering-seringlah mengajak anak berbicara berbagai topik. Anda bisa mulai topik diskusi seperti persahabatan anak dan temannya, tekanan yang mungkin dirasakan, pemahaman tentang seks hingga kekerasan. Jangan sampai anak Anda merasa dirundung maupun merundung teman-temannya.

Usia 9 Tahun

Memasuki usia 9 tahun anak memiliki pemikiran yang lebih mandiri serta mampu mengambil keputusan sendiri. Nilai-nilai persahabatan yang dikenal dari teman-temannya pun akan semakin mengikat hubungan di antara mereka. Apalagi pada usia ini mereka sudah memiliki kepekaan rasa sehingga mampu berempati pada orang lain.

Jangan heran jika anak Anda tiba-tiba memiliki ketertarikan atau menyukai lawan jenisnya meski sebagian besar anak sering kali menyangkalnya. Beberapa di antara mereka juga sudah memasuki masa pubertas. Maka berikan pemahaman dan penjelasan lebih lanjut terkait edukasi seks serta persahabatan.

Perkembangan bahasa pada anak juga sudah mengalami perkembangan. Selain semakin mahir membaca dan menulis, anak sudah bisa menyalurkan emosinya melalui tulisan. Oleh karenanya sangat baik apabila orang tua mendukungnya dengan memberikan buku bacaan yang bervariasi.

Usia 10 Tahun

Pada usia 10 tahun anak-anak sudah memasuki usia pubertas. Seringkali anak perempuan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dibanding anak laki-laki. Di samping itu, perubahan ciri-ciri fisik di antara mereka pun semakin tampak.

Sering kali perbedaan ini membuat anak merasa tidak nyaman dan bahkan malu. Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk memahami serta memberikan pengertian tentang apa yang sedang dialami anak. Bantulah anak untuk mengolah emosi seperti rasa malu serta kecenderungan menjadi tidak percaya diri.

Tumbuh Kembang - 10 Year Old

Pubertas juga membuat emosi anak cepat berubah dan meledak-ledak. Anak bisa merasa senang dan bersemangat namun tiba-tiba down. Sangat penting apabila anak diberi ruang untuk berekspresi, namun jangan sampai anak bertindak semaunya. 

Usia sepuluh tahun menjadi penting bagi anak karena mereka dikenalkan dengan beragam emosi baru. Bantulah anak untuk mengerti perasaan yang mereka alami serta memahami bagaimana cara untuk menghadapi perasaan tersebut. 

Nah itulah tahapan tumbuh kembang anak usia 6 sampai 10 tahun yang harus dipahami anak. Mulai dari masuk sekolah hingga mulai memasuki usia remaja. Tentu saja akan ada banyak perubahan yang dihadapi orang tua. Namun, ingatlah bahwa anak Anda juga sedang menghadapi perubahan-perubahan baik dari fisik maupun emosionalnya.

Oleh karenanya sangat penting bagi orang tua untuk memahaminya dan tak terlalu melibatkan emosi negatif saat menghadapinya. Berikanlah ketegasan dan bukan kemarahan pada anak.

Baca juga: Momen Spesial Bersama Anak Ini Harus Abadi Dalam Photobook!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *