8. Hi Moms! Yuk Kita Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Balita!

Hi Moms! Yuk Kita Kenali Tahapan Tumbuh Kembang Balita!

Tumbuh Kembang – Kehadiran anak memang memberikan rona tersendiri dalam kehidupan berkeluarga. Tawanya, tangisannya, kelucuannya hingga kemarahan kecilnya selalu menghadirkan ragam perasaan yang berbeda.

Masa balita anak sering disebut sebagai periode emas. Dimana pada masa itu anak sedang mengalami pertumbuhan serta perkembangan pesat. Tak heran jika anak usia balita sedang aktif-aktifnya bergerak dan banyak berbicara.

Lalu bagaimana sikap yang harus diambil oleh kita sebagai orang tua supaya anak bisa terus tumbuh dan berkembang secara optimal?

Pertama-tama kita harus tau dulu apa yang dimaksud dengan tahapan tumbuh kembang anak usia dini yang sedang dialami anak kita. Baru setelah itu kita mendukung dengan memberi pendampingan yang bijak. 

Berikut ini adalah tahapan tumbuh kembang anak balita yang harus diketahui orang tua.

Baca juga: Hi Moms! Pastikan Bayi Anda Penuhi Tahapan Tumbuh Kembang Ini, Yuk!

Usia 3 Tahun

Saat mencapai usia 3 tahun, anak sedang banyak-banyaknya mempelajari kebiasaan orang-orang di sekitarnya. Mereka sudah bisa makan sendiri hingga memakai pakaian meski belum bisa mengancingkan baju. 

Kemampuan anak untuk mempelajari lingkungan sekitarnya juga semakin terasah. Sehingga pada usia 3 tahun, anak bisa menunjukkan bagian-bagian tubuh yang diminta serta menyebutkan dengan benar nama benda di sekelilingnya.

Sehingga pada masa ini penting bagi orang tua untuk menyebutkan objek sekitarnya dengan pelafalan yang benar. Anak usia tiga tahun seharusnya sudah bisa menyebut ‘kucing’ dan bukan lagi ‘puss’ atau ‘meong’, begitu pula dengan ‘anjing’ dan bukan lagi ‘guguk’.

Dari kemampuan berbahasa, anak usia 3 tahun sudah memiliki pemahaman yang baik tentang percakapan sehari-hari. Pada usia ini anak sudah bisa melakukan tanya jawab serta menerima penjelasan.

Mereka sedang aktif-aktifnya berjalan, berlari, bahan melompat. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mendampingi anak pada aktivitas tersebut. Misalnya, orang tua bisa mengajari cara melempar dan menangkap bola, serta mengendarai sepeda roda 3.

Pada usia ini anak sudah bisa berlatih menyusun puzzle, juga berfantasi dengan mainannya. Orang tua bisa mulai membantu anak menggambar dengan krayon, mengajari cara melipat dan memotong, dan bahkan melibatkan anak dalam pekerjaan-pekerjaan sederhana.

Usia 4 Tahun

Pada usia ini anak sudah mampu memahami rutinitas seperti bangun tidur, mandi, lalu makan. Mereka juga sudah mulai memahami konsep waktu seperti pagi, siang, malam dan juga kemarin, hari ini, besok, dan lusa.

Oleh karenanya secara bertahap, baiknya orang tua mula mengajarkan kedisiplinan dalam menjalankan rutinitas. Seperti menentukan jam bermain, membaca, makan, serta jam tidur malam. Lalu biarkan anak melakukan kegiatannya secara mandiri.

Tumbuh Kembang - 4 Year Old

Tumbuh kembang anak usia 4 tahun juga ditandai dengan kemampuan motorik yang lebih berkembang. Hal ini bisa terlihat lewat kemampuan anak naik turun tangga tanpa bantuan, menjaga keseimbangan tubuh hingga 2 detik, hingga membangun objek sederhana dari balok permainan.

Anak usia ini juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Ia akan bertanya hampir semua hal. Tugas orang tua adalah menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas sekaligus sederhana. Berikan jawaban yang jujur serta penjelasan yang sekiranya dapat dipahami oleh anak.

Di samping itu pastikan Anda menyimpan obat-obatan, obat semprot serangga, cairan pembersih, serta make up dari jangkauan anak-anak. Sebaiknya Anda menyimpan benda-benda tersebut pada lemari terkunci rapat. Hal ini untuk menjauhkan benda-benda tersebut dari jangkauan anak yang penasaran. Pastinya kita nggak mau kan kalau benda-benda tersebut tertelan oleh anak.

Usia 5 Tahun

Kalau sebelumnya Anda sudah lelah dengan pola tingkah anak, Anda harus lebih bersabar lagi. Sebab pada usia 5 tahun, tulang dan tubuh anak sudah terbentuk dengan sempurna. Hal ini akan membuat anak bergerak makin aktif.

Pada usia ini anak sudah bisa jungkir balik, melompat, memanjat, hingga menjaga keseimbangan tubuh lebih dari 5 detik. Anak juga sudah bisa membedakan dan menyebutkan 6 warna dasar.

Tumbuh Kembang - 5 Year Old

Mereka mulai bisa menggambar berbagai objek dengan bentuk yang makin jelas. Misalnya binatang, perabot rumah, hingga kendaraan. Mereka juga sudah sanggup menggambar anggota tubuh dengan lengkap seperti kepala, tangan, kaki, mata, hidung, mulut dan telinga. 

Dari segi kemampuan berbahasa, anak usia 5 tahun sudah mampu menceritakan kejadian yang dialaminya lengkap dengan perasaan serta karakteristik orang yang mereka temui. Ada baiknya orang tua mulai berpesan untuk ‘jangan mau ikut atau berbicara dengan orang asing’.

Mereka juga sudah mulai bisa menghafal nomor telepon, alamat rumah, dan sandi. Dengan begitu Anda dan anak bisa mulai membuat kesepakatan terkait keamanan. Misalnya pada kondisi Anda tidak bisa menjemput anak sepulang sekolah dan harus meminta orang lain untuk menjemput. Buatlah “kode” khusus supaya anak tahu apakah mereka dijemput oleh orang yang benar.

Cukup kode sederhana seperti “kicauan burung”. Anak harus bertanya pada orang yang mengaku menjemputnya, “apa suara paling merdu?”. Apabila tidak bisa menjawab atau jawabannya salah, mintalah anak untuk segera masuk kembali ke sekolah dan melapor pada guru.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang tumbuh kembang anak usia balita. Pastikan anak Anda mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak IDAI untuk memastikan kesehatan mereka. 

Apabila ada keterlambatan atau kemampuan anak saat usianya mencukupi, segeralah berkunjung ke dokter. Pastikan anak dalam kondisi baik dan tak mengalami ketertinggalan.

Daripada hanya memperhatikan dan memandangi, jangan lupa abadikan kelincahan anak yang menggemaskan ini. Lalu gabungan foto menggemaskan anak dalam dan cetak dalam photobook unik. Urusan cetak photobook, jangan lupa gunakan jasa cetak foto ID Photobook, ya!

Baca juga: Cetak Foto Momen Spesial Bersama Anak Lewat Photobook Agar Lebih Mudah Dikenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *