Tempat Wisata Recommended di Kalimantan

Tempat Wisata Recommended di Kalimantan- Hai sobat traveler! Gimana kabar kalian nih? Sudah ada rencana kemana untuk jalan-jalan kali ini? Kalau belum bagaimana kalau jalan-jalan kali ini kita coba kunjungi Kalimantan yuk! Pulau yang dilewati garis katulistiwa ini ternyata punya banyak tempat-tempat wisata yang patut untuk dikunjungi loh! Gak hanya terkenal dengan Pasar Apung atau tugu katulistiwa saja ternyata masih ada tempat wisata lainnya yang tak kalah menariknya. Penasaran apa saja, yuk kita intip bersama!

1. Patung Bekantan (Kalimantan Selatan)

Seperti yang kita ketahui selain Orang Utan, Bekantan merupakan salah satu hewan yang tersebar diseluruh Kalimantan. Kalau di Kalimantan Selatan sendiri, para Bekantan ini tinggal di hutan yang ada di Pulau Bakut. Karena besarnya populasi Bekantan disini menjadikannya sebagai ikon KalSel selain pasar terapungnya loh. Patung Bekantan sendiri ada di Banjarmasin tepatnya di siring tepi Sungai Martapura di Jalan Kapten Pierre Tendean.

Meskipun patung bekantan ini letaknya lumayan jauh dari Menara Pandang dan Pasar Terapung namun banyak juga loh wisatawan yang berkunjung disini. Selain satu patung utama yang besar, ada beberapa patung bekantan yang ukurannya lebih kecil dan berwarna hitam namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah si patung utama karena warnanya mirip dengan aslinya.Patung Bekantan ini ternyata dirancang seperti Merlion di Singapure loh jadi dia bisa mengeluarkan air mancur dari mulutnya.

2. Pasar Terapung (Kalimantan Selatan)

Kalau sobat traveler masih ingat dengan salah satu iklan di televisi nasional tentang adanya kegiatan pasar di atas air maka sobat traveler pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Benar ini adalah Pasar Terapung yang ada di iklan televisi tersebut! Pasar Terapung ini berada di Banjarmasin juga loh tepatnya di atas Sungai Martapura di Lok Baitan, Kecamatan Sungai Tabuk. Pasar ini melakukan kegiatan berjual beli layaknya pasar pada umumnya yang membedakan adalah tempatnya yang berada di atas air. Kalau sobat traveler mau mencoba sensasi belanja di atas air, sobat bisa datang pada pukul 06.00 WITA ya.

3. Loksado (Kalimantan Selatan)

Mau wisata yang agak menantang nih? Sobat traveler bisa coba kunjugi wisata air Loksado yang berada di Sungai Amandit. Ketika datang kesini sobat harus mencoba sensasi arum jeram menggunakan bambu (Bamboo Rafting) diatas arus sungai yang lumayan. Selain menguji nyali sendiri, sobat juga bisa menyaksikan aksi orang setempat yang jago rafting pake bambu ini. Dijamin sekali nyoba bakalan ketagihan!

Baca Juga  Wisata Keluarga Ke Taman Kelinci Semarang

4. Pertokoan Permata Intan CBS (Kalimantan Selatan)

Berlibur tapi gak belanja rasanya belum lengkap deh. Masih diKalimantan Selatan nih ada salah satu pertokoan yang menarik banyak wisatawan untuk menukarkan rupiah mereka disini dengan berbagai barang-barang kerajinan tangan dan intan pertama. Wih, intan permata nih gak salah?

Enggak sobat! Pertokoan Permata Intan Cahaya Bumi Selamat (CBS) memang menyediakan batu intan permata di tokonya.  Bentuk intannya juga ada yang sudah dimodifikasi dihias dengan permata dari eropa. Selain intan, toko ini juga menyediakan berbagai macam kerajinan tangan yang cocok dijadikan cinderamata untuk orang terdekat. Usut boleh usut, toko ini juga tempat belanja para artis loh.

5. Taman Nasional Tanjung Puting (Kalimantan Tengah)

 

Dari Kalimantan Selatan kita pindah ke Kalimantan Tengah yuk. Disini sobat traveler bisa menemukan Taman Nasional Tanjung Puting. Gak salah nih wisata ke Taman Nasional? Tentu tidak. Taman Nasional Tanjung Puting sendiri merupakan rumah bagi para Orang Utan dan berbagai satwa dan tumbuhan lainnya. Ada sekitar 30.000 sampai 40.000 Orang utan menghuni Taman yang juga merupakan Pusat Rehabilitasi Orang Utan pertama di Indonesia ini.

Keunikan dari Taman yang memiliki luas sebesar Pulau Bali ini adalah habitat tempat para Orang Utan disini masih berbentuk Hutan benar-benar mirip dengan habitat asli mereka. Untuk bisa kesana pun kita harus menggunakan kapal loh. Selain Orang Utan, taman nasional ini punya 200 jenis burung dan 38 jenis mamalia termasuk Bekantan, Lutung Merah, Beruang, Kancil dan Kucing Liar hidup di sini.

6. Pantai Ujung Pandaran (Kalimantan Tengah, Sampit)

Masih di Kalimantan Tengah, sekarang mari kita main-main bersama pasir di Pantai Ujung Pandaran. Pantai yang berada di Sampit ini memiliki pasir putih yang menawan dan suasana tenang karena jauh dari perkotaan. Pantai Ujung Pandaran ini terkenal dengan biota lautnya yang beraneka ragam. Selain itu bau ikan asin juga menjadi sesuatu yang tak asing kalau kita berkunjung disini karena warga di sana menggalangkan pengolahan ikan asin.

Baca Juga  Jalan-Jalan ke Pantai : Pantai Kukup, Yogyakarta

7. Pulau Derawan (Kalimantan Timur)

Petualangan kita belum berhenti di Kalimantan Tengah nih. Sekarang beranjak lebih ke timur tepatnya ke Kalimantan Timur. Disini ada satu tempat menarik yakni Pulau Derawan, pulau yang terkenal dengan terumbu karangnya yang indah, padang lamun dan hutan tembakau ini merupakan tempat wisata yang belakang ini sedang ramai dikunjugi loh. Pulau ini ternyata masuk ke dalam 15 Lokasi di Indonesia yang pengembangannya dilakukan secara pola oleh Destination Management Organization (DMO) sebagai kluster wisata alam bahari.

Kalau bermain ke Pulau Dewaran, sobat traveler juga bisa berkunjung ke Pulau Kakaban untuk melihat keindahan Danau Kakaban si danau yang airnya merupakan percampuran dari air tawar dan air laut dan ke Pulau Sangalaki untuk snorkeling dan diving. Selain itu ada banyak kegiatan yang bisa sobat lakukan di Pulau Derawan diantaranya berkeliling pulau pakai sepeda, berburu sunset, melihat proses bertelurnya penyu hijau atau sekedar naik boat mengarungi laut.

Baca Juga:

Jalan-Jalan ke Gedung Tua : Lawang Sewu

10 Ide Foto LDR Untuk Photobook

Nah kita udah keliling Kalimantan dan menemukan 7 tempat wisata yang recommended mulai dari Kalimantan Selatan sampai Timur. Jadi tunggu apalagi nih sobat traveler segera kemas barangmu, ambil koper, siapin kamera dan terbang ke Kalimantan untuk liburan! Jangan lupa nanti hasil foto-foto liburannya dibikinin photobook di idphotobook ya! Selamat Berlibur!

Album foto Idphotobook

Sumber :  Travel.kompas.com, Pontinesia.com, Wawancara penulis dengan beberapa orang asli Kalimantan

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.