Awal Kehamilan : Apa yang Harus Dilakukan

Awal kehamilan-Baru saja mendapat kabar bahwa Anda positif hamil? Selamat yaaa! Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati dalam segala hal, karena kesehatan bayi Anda juga bergantung pada kesehatan Anda.

Kehamilan, terutama di masa-masa awal, menyebabkan banyak perubahan pada tubuh. Perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan, dapat berpengaruh secara fisik dan psikis pada calon ibu. Tapi jangan khawatir, kondisi ini bisa diminimalkan sehingga tidak terlalu mengganggu Anda.

Pada awal kehamilan, bahkan bagi pada sebagian wanita berlanjut hingga akhir kehamilan, perubahan hormon berpengaruh besar pada kondisi fisik. Muntah di pagi hari, pusing-pusing, sulit buang air besar, terlalu sering buang air kecil, menjadi hal yang sering terjadi.

Untuk menghindari mual dan muntah, Anda bisa mencoba makan dengan porsi yang lebih kecil tetapi sering. Bisa juga Anda menyiapkan biskuit atau buah di samping tempat tidur, untuk berjaga-jaga jika Anda merasa lapar di malam hari. Minum jahe hangat atau teh mint juga dapat membantu mengurangi rasa mual.

Anda juga perlu menjaga asupan protein dan zat besi yang cukup. Ini akan membantu Anda terhindar dari rasa lemas dan cepat lelah. Untuk mengindari sembelit atau susah buang air besar, jangan terlalu banyak makan makanan yang digoreng dan pedas. Hindari minuman bersoda dan beralkohol. Perbanyak makan makanan yang berserat.

Jangan menunda jika Anda ingin buang air kecil. Lebih baik sedikit lelah karena mondar-mandir ke kamar mandi. Jika terlalu sering menahan buang air kecil, dapat menyebabkan infeksi kandung kemih. Untuk menghindari terlalu sering buang air kecil di malam hari, Anda dapat mengurangi jumlah air yang diminum pada sore dan malam hari.

Baca Juga  15 Tips Mendidik Anak Down Syndrom

Ada berbagai kegiatan yang perlu dihindari pada masa kehamilan. Jangan terlalu keras berolahraga, karena akan berbahaya bagi janin. Pilih olahraga yang ringan tapi rutin, seperti berjalan santai. Rutin berjalan tiap pagi dapat membantu melancarkan proses kelahiran nantinya.

Selama kehamilan, Anda juga tidak disarankan terlalu sering terpapar bahan-bahan kimia, baik itu lewat pori-pori kulit, lewat udara, maupun lewat makanan. Jangan membersihkan rumah dengan cairan pembersih berbahan kimia. Anda dapat menggantinya dengan bahan yang tidak berbahaya seperti cuka dan baking soda.

klik disini untuk rekomendasi makanan yang bergizi untuk ibu hamil

Hindari juga perangkat perawatan kulit atau wajah berbahan kimia. Lotion atau pembersih wajah berbahan kimia akan langsung bersentuhan dengan kulit, dan dapat terserap tubuh melalui pori-pori, menjadi berbahaya bagi janin. Pilih lotion berbahan minyak zaitun, teh hijau, atau lebih baik lagi jika Anda membuat sendiri bahan perawatan kulit dari bahan alami.

Hindari pula mewarnai rambut atau menggunakan kosmetik berbahan kimia. Tentunya tidak salah jika Anda ingin tampil cantik selama masa kehamilan, atau mencoba warna rambut baru untuk meningkatkan mood. Tapi Anda harus lebih teliti dan selektif dalam memilih kosmetik dan pewarna rambut. Pilih yang bahannya aman untuk Anda dan calon bayi Anda.

Kondisi emosi Anda juga dapat berubah-ubah dikarenakan perubahan hormon di dalam tubuh. Menjadi sesuatu yang wajar jika Anda mengalami mood swing, suasana hati Anda mudah berubah. Rasa bahagia, bersemangat, cemas, gelisah, lelah, kadang akan muncul bergantian.Menjaga mood selalu baik penting untuk kesehatan janin Anda.

Jangan memaksakan diri melakukan segala sesuatu. Maklumi dan ajak keluarga untuk juga memahami kondisi Anda yang tidak dapat beraktivitas maksimal selama masa kehamilan. Masa kehamilan ini juga dapat menjadi kesempatan untuk mendekatkan diri pada suami.

Baca Juga  Membuat Baju Anak dengan Pola Sederhana

Cobalah untuk terbuka pada suami tentang kekhawatiran, kecemasan Anda, ataupun segala sesuatu yang mengganggu pikiran Anda.

Untuk meningkatkan mood, Anda juga bisa mengabadikan masa kehamilan Anda dalam bentuk foto.

Abadikan perubahan fisik Anda dalam setiap tahap kehamilan. Anda juga dapat mengabadikan proses persiapan Anda menghadapi kehadiran si buah hati. Misalnya saja baju bayi yang pertama kali Anda beli, proses merakit ranjang bayi, boneka yang dipersiapkan suami untuk si kecil, dan banyak lagi.

Foto-foto itu bisa menjadi pengingat kenangan indah Anda, dan dapat Anda tunjukkan pada si kecil nantinya. Mengapa tidak mencoba mencetak foto-foto itu menjadi sebuah photobook eksklusif? Dengan dicetak, Anda akan lebih mudah melihat kembali foto-foto Anda, lebih mudah disimpan, dan lebih aman dari resiko hilang saat kamera, hp, atau memory card Anda rusak.

mau tahu jenis kertas yang bagus untuk foto? klik disini

Bingung mencari tempat membuat photobook berkualitas? Anda bisa mencoba membuka Idphotobook. Di situ Anda bisa memilih desain photobook yang sesuai dengan keinginan Anda. Kenangan indah Anda dan si buah hati selama di dalam kandungan tak akan terlupakan.

What do you think of this post?
  • Sucks ()
  • Boring ()
  • Useful ()
  • Interesting ()
  • Awesome ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.