8 Tips Menabung untuk Menghadapi Pensiun

8 Tips Menabung untuk Persiapan Pensiun

Tips Menabung – Hai kalian para pekerja keras! Pasti rasanya campur aduk saat masa pensiun sudah ada di depan mata. Membayangkan suka duka masa kerja anda selama ini akan segera berakhir. Hati senang karena sebenarnya raga sudah tak mampu diajak bekerja keras, di sisi lain khawatir karena pendapatan akan berkurang secara signifikan.

Masa pensiun memang memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari rasa percaya diri yang memudar, tubuh yang mulai mudah lelah, hingga perubahan kondisi keuangan. Namun itu semua bukan berarti tidak dapat diatasi. Anda sebagai karyawan ada baiknya mulai mempersiapkan hari tua sebaik mungkin agar nantinya tidak membebani anak cucu.

Nah, berikut ini adalah 8 tips menabung untuk kamu yang ingin membeli kamera baru. Yuk coba dipraktikan bersama!

Baca juga: 5 Tips Menabung untuk Membeli Kamera Baru

Siapkan Sedini Mungkin

Jangan terlena dengan masa kerja yang baru berjalan beberapa tahun. Anda tidak akan menduga waktu pensiun akan datang dalam kedipan mata. Sebaiknya, justru selagi muda dan masih berada dalam usia produktif, persiapkanlah dana pensiun sedini mungkin.

Anda bisa menabung dana pensiun dengan mulai mencari informasi terkait pilihan tabungan yang pas untuk hari tua. Jenis tabungan apa yang sesuai dan berapa target jumlah tabungan yang anda harapkan di hari tua nanti.

Mengatur Keuangan

Saat menerima gaji, belajarlah mengatur keuangan dengan bijak. Dimulai dengan menetapkan target dana pensiun hingga menentukan jumlah yang harus ditabung tiap bulan. Pastikan agenda menabung terpenuhi tanpa terlalu membebani kebutuhan lain.

Tips Menabung - Mengatur Keuangan

Sebab pastinya kamu tak hanya menabung untuk kebutuhan pensiun saja, tapi bisa jadi kamu juga menyiapkan tabungan untuk membeli rumah atau tabungan hiburan lain. Kalau masih dirasa memberatkan, pilihannya adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tak penting atau menambah pemasukan. Dua hal ini bergantung pada kebutuhan dan kemampuan anda sendiri. 

Lakukan dengan Konsisten 

Menabung yang baik harus diikuti konsistensi penabung. Meski terkadang pendapatan tidak konsisten dan banyak kebutuhan mendadak yang tak disangka, usahakan untuk tetap menabung. Sebaiknya angka yang ditabung tidak berdasarkan berapa rupiah tetapi dengan menentukan beberapa persen dari total pendapatan.

Dengan mempertimbangkan keperluan lain, misalnya Anda menetapkan nilai 10% sebagai tabungan dana pensiun. Maka secara rutin anda memangkas 10% pendapatan anda untuk ditabung. Meski hanya sedikit dan bahkan tidak dapat memenuhi target tersebut, pastikan Anda tetap konsisten menyisihkannya setiap bulan sehingga dana pensiun terus bertambah.

Sebaliknya, jika pendapatan bertambah, pastikan jumlah tabungan Anda ikut bertambah. Misal target 10% dari pendapatan telah tercapai tapi Anda masih memiliki sisa uang, masukkanlah sisa uang tersebut ke simpanan hari tua.

Pandai Menahan Diri

Konsistensi menabung dalam menabung akan lebih baik lagi bila diimbangi dengan kepandaian menahan diri. Kondisi keuangan yang mendesak atau keinginan pribadi bisa menjadi ancaman serius untuk tabungan hari tua Anda.

Banyak orang yang menganggap tabungan hari tua masih kalah dengan tabungan lainnya sehingga memilih menunda menabung atau bahkan mengambil dana yang sudah berhasil ditabung.

Sebaiknya Anda mengubah pola pikir ini. Mulailah untuk menganggap dana pensiun sama pentingnya dengan tabungan rumah atau mobil pribadi sehingga tidak dipangkas apalagi diambil saat keadaan mendesak. Oleh karenanya, simpan dana pensiun anda di tempat yang sulit dicairkan seperti tabungan deposito. 

Memilih Tempat yang Tepat untuk Menabung

Dalam mempersiapkan dana pensiun, sudah ada banyak tempat untuk menabung. Namun demikian, Anda harus menentukan sendiri model tabungan seperti apa yang tepat bagi Anda untuk menabung. 

Untuk menentukan pilihan, disarankan anda memilih tabungan yang memiliki profit jangka panjang. Salah satunya adalah tabungan deposito dimana dana nasabah harus diendapkan selama beberapa tahun. Selama belum mencapai tenggat waktu tersebut, dana tidak dapat ditarik sehingga memperkecil kemungkinan tabungan hilang atau berkurang.

Selain itu, menabung dalam bentuk properti juga disarankan. Sebab, harga tanah dan bangunan memiliki kecenderungan terus meningkat setiap tahunnya. Bila sudah Anda sudah memilikinya, rumah tersebut bisa ditinggali, disewakan, dan bahkan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Investasi

Anda mungkin bingung dengan perbedaan menabung dan investasi. Sebagai gambaran sederhana, investasi merupakan bentuk penyimpanan uang jangka panjang yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. Keuntungan investasi baru bisa benar-benar dirasakan setelah 3-5 tahun. Tak hanya itu, investasi juga memiliki kemungkinan kerugian sekaligus bunga yang besar.

Tips Menabung - Investasi

Baik kebiasaan menabung dan investasi sama-sama menguntungkan. Bagi Anda yang sedang mempersiapkan dana pensiun, tambahlah nilai tabungan dalam bentuk investasi. Namun sebelum memulai investasi, Anda harus benar-benar memahami risiko dan keuntungan dari investasi.

Siapkan Asuransi 

Menyiapkan asuransi memang terkesan mengeluarkan dana untuk keperluan yang belum tentu terjadi. Rasanya justru mendoakan hal buruk seperti sakit dan kematian untuk datang. Namun tahukah Anda bahwa kematian adalah hal yang pasti dalam kehidupan manusia. Dan kesehatan merupakan nilai penting dalam kehidupan.

Tidak ada salahnya anda menyiapkan asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa untuk anda. Asuransi yang terkesan menghamburkan uang bulanan bisa menjadi penolong yang tepat di saat malang. Ketika sakit, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya, ketika meninggal, Anda justru bisa memberikan bekal untuk sanak saudara yang ditinggalkan.

Jagalah Kesehatan

Supaya masa pensiun dapat dinikmati dengan tenang, pastikan anda menjaga kesehatan selagi muda. Jangan berpikir karena masih muda Anda bisa bebas sesukanya. Ingatlah bahwa kebebasan yang Anda rasakan akan berdampak pada kehidupan di hari tua. Bukannya tidak boleh bersenang-senang, tapi kesenangan Anda juga diimbangin dengan kebiasaan baik.

Anda bisa memulainya dengan rutin berolahraga, minum air putih 2 liter sehari, dan juga mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur. Mungkin Anda tertarik untuk membaca, maka mulailah kebiasaan membaca yang kabarnya bisa mencegah alzheimer.

Itulah 8 tips menabung bagi Anda yang sedang mempersiapkan dana pensiun. Semoga tips tadi membantu menyiapkan bekal hari tua, ya.

Eh, tapi bukan hanya dari segi keuangan yang perlu Anda persiapkan. Akan lebih baik lagi jika anda juga menyiapkan kenangan-kenangan manis untuk dikenang selama masa pensiun. 

Jadi selain menyiapkan dana pensiun, pastikan Anda juga menciptakan ratusan kenangan menyenangkan bersama kolega, sahabat, dan keluarga. Jadikan masa muda Anda untuk menambah pengalaman baru dan abadikan pengalaman-pengalaman itu dalam photobook. 

Dengan begitu, ada bisa memiliki banyak cerita untuk dikenang dan diceritakan kembali kepada anak cucu anda. Pastikan kenangan masa muda anda abadi dalam photobook bersama ID Photobook

Baca juga: 6 Tips Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *