Tips Menguatkan Mental Ketika Menghadapi Masalah

Ketika seseorang memiliki kehidupan, maka akan ada proses yang dilewatinya. Dimana saat anda mulai dewasa maka akan dihadapkan pada beban hidup yang berat dan lebih rumit. Tentu jika dibandingkan dengan anak – anak, maka akan banyak liku – liku. Sehingga anda harus benar-benar menentukan keputusan yang tepat dan tentu yang tidak akan menyalahkan atau membahayakan orang lain.

Menentukan keputusan dan bisa menangani permasalahan hanya untuk mereka yang memiliki mental yang kuat. Mental sendiri merupakan pemikiran dan perasaan yang mungkin tidak berbentuk fisik namun bisa dirasakan dan diutarakan. Anda yang sedang menghadapi masalah harus memiliki mental yang kuat. Nah berikut ini ada beberapa tips untuk anda yang ingin menguatkan mental diri sendiri :

1. Iman yang Kuat

Ketika seseorang menghadapi masalah bukankah lebih bagus jika iman yang dimiliki juga ditingkatkan ? Dimana, Mental seiring berjalannya waktu akan semakin kuat jika dibarengi dengan iman. Untuk anda yang sedang bermasalah dan ingin meningkatkan iman maka ingatlah Tuhan dan coba tenangkan diri dengan beribadah dan mendekatkan diri pada Tuhan agar mental Anda kuat. Teori-Teori Motivasi juga menjelaskan mengenai hubungan iman dan mental.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

2. Tutup Masa Lalu

Terkadang kita menjadi lemah mentalnya karena trauma atau takut akan kejadian masa lalu yang dianggap kelam dan menyesakan. Sehingga menjerumuskan anda menjadi seseorang yang takut akan kenyataan dan bermental lemah. Terutama jika masa lalu terjadi karena sikap sendiri.  Carilah cara memaafkan diri sendiri kemudian cobalah untuk bisa mawas diri dan menakar diri anda dengan benar. Bagian mana yang bisa merugikan orang lain dan mana yang justru jati diri anda. Jangan takut akan permasalahan yang ada dan tutup masa lalu karena hal tersebut akan mengganggu mental anda.

3. Tenang

Mental yang kuat bisa saja muncul jika anda menjadi orang yang tenang. Dimana masalah yang ada dan diselesaikan dengan tenang akan menimbulkan dampak positif sendiri untuk anda, termasuk dampak terbesarnya mental anda yang semakin baik dan kuat. Meskipun anda akan mencari cara menghilangkan rasa gugup. Mengingat banyak orang masalah yang seringkali datang dan membuat gugup namun jangan terganggu dan tetap tenang.

4. Stabil

Cara menghilangkan sikap labil juga menjadi cara yang ampuh dalam memperkuat mental diri. Dimana prinsip akan berpengaruh pada mental diri anda. Bagaimana anda mempertahankan pendirian dan juga prinsip, kemudian anda tidak goyah atau terganggu oleh orang lain. Selain itu ada juga Teori Kepercayaan Diri menyatakan bahwa dengan bermental kuat dan stabil maka kepercayaan diri kembali.

5. Meditasi

Anda juga bisa meningkatkan mental dan menguatkan mental dengan cara melakukan meditasi. Dimana meditasi adalah olahraga yang dibarengi dengan kesehatan jiwa atau mental anda. Sehingga disini anda terbebas dari aktivitas dan kegiatan yang membebani. Dengan meditasi anda juga bisa introspeksi diri dan mencari apa yang mengganggu anda atau sebaliknya apakah anda mengganggu orang lain dan sejenisnya. Kesadaran diri yang tinggi akan membuat mental anda semakin baik. Meditasi dapat dilakukan di tempat yang hening selama 5-30 menit setiap harinya.

Baca Juga  Cara Mengajari Anak untuk Tidur Sendiri

6. Asah Kemampuan

Mental tak melulu soal permasalahan namun juga kemampuan. Hal dalam diri sendiri dan juga keunggulan yang anda miliki sebenarnya bisa menjadi nilai tambah untuk membuktikan mental anda semakin baik dengan hal tersebut.  Anda akan menemukan cara meningkatkan rasa percaya diri dan  cara meningkatkan kepercayaan diri dengan baik. jika rasa percaya diri belum muncul, anda bisa membaca cara menghilangkan rasa minder pada diri sendiri dan berlatih karena nantinya akan berdampak pada mental anda yang semakin kuat.

7. Hargai Diri Sendiri

Minder hanya akan membuat mental diri sendiri semakin buruk dan melemah. Pada diri sendiri saja anda tidak percaya dan tidak bisa berpikiran positif. Coba untuk berpikir bahwa anda memiliki kesan positif dan percaya diri pada diri sendiri. Anda bisa menanamkan pikiran jika anda pantas dihargai oleh orang lain.  Pendekatan Psikologi Dalam Manajemen Diri salah satunya yang bisa ampuh meningkatkan mental diri yaitu menghargai diri sendiri.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

8. Rasa Empati

Anda yang memiliki rasa peduli atau empati bisa membantu memperkuat mental dengan kuat. Dimana rasa empati pada orang lain, ternyata berguna untuk menyadari bahwa banyak orang lain yang juga mengalami kesulitan dan bukan hanya anda. Sehingga mental anda secara tidak langsung akan terpompa dan menyatakan anda bisa menghadapi masalah ini karena masih banyak orang lain yang mungkin lebih menyedihkan dibanding anda dan lebih tidak bahagia dibandingkan anda.

9. Olahraga

Olah raga bisa menjadi cara yang ampuh untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar bahkan bisa membawa anda menjadi awet muda. Namun tak hanya itu tubuh yang sehat bisa membawa anda menjadi seseorang yang lebih sehat atau lebih kuat dalam hal mental.

10. Ambil Resiko

Bohong jika anda hidup tanpa resiko, jika anda merasa terbebani dan mengalami masalah lemah mental hanya karena takut pada resiko maka jawabannya bohong. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman yang ada dan coba untuk mengerahkan segala kemampuan dimana hal tersebut akan membantu anda untuk memiliki mental yang kuat. Memang ketika diawal akan terasa sulit dan juga ingin menyerah namun dengan mengerahkan semua kemampuan, dan mengizinkan diri untuk melihat apa yang akan terjadi maka anda akan semakin kuat mentalnya.

11. Berpikir Positif

Terkadang permasalahan mental datang dari pikiran yang buruk. Pikiran buruk dan negatif tidak akan bisa memberikan manfaat bagi penguatan mental. Apabila anda mengalami sebuah kekecewaan jangan pernah jadikan hal tersebut alasan dan membuat anda semakin terpuruk. Sehingga mental anda tidak akan pernah baik. Sebab tidak ada orang yang tidak mengalami kegagalan dan kekecawaan namun mereka baik secara mental. Maka anda juga jangan mau kalah.

12. Pilih Pergaulan

Pemilihan pergaulan bisa menjadi cara selanjutnya untuk memiliki mental yang sehat. Anda yang memiliki teman-teman berkaitan yang positif maka akan terbawa positif dan begitu juga sebaliknya. Namun di jaman sekarang ini khususnya di zaman sosial media, pertemanan justru memperburuk mental Anda karena adanya penggunaan yang tidak bijak dan juga menimbulkan masalah sosial.

Baca Juga  Cara Mengajari Anak Mengelola Emosi

Jika merujuk pada beberapa penelitian yang ada, dimana mereka berhasil menunjukkan orang yang sering membaca update status temannya di Facebook mereka merasa bahwa diri mereka tidak baik dan memiliki mental yang lemah dan rendah.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mengunakan media sosial :

  • Membatasi penggunaan media sosial, dimana Anda jangan terlena menggunakannya dan menghabiskan waktu untuk sebuah ponsel saja.
  • cobalah untuk tidak menggunakan sosial media dalam sehari apa yang anda rasakan dan bagaimana rasanya psikis atau mental anda apakah menjadi lebih baik
  • Unfriendunfollow, bahkan jika perlu blok teman-teman media sosial yang berpengaruh buruk pada mental Anda, terutama mereka yang membenci anda tanpa sebab dan iri. Karena anda akan terkena mental yang juga tidak sehat jika melayani mereka.

13. Sibukan Diri

Menyibukan diri merupakan hal yang mudah dan bisa menguatkan mental anda. Kenapa bisa ? dengan kondisi anda santai dan tidak memiliki kegiatan apa-apa maka talent dan kemampuan anda tidak akan terasah. Manfaat Tes Psikologi dalam Bidang Klinis untuk membantu anda dalam mencari atau memberikan kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Dan jika anda senang maka mental anda akan semakin baik dan kuat.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

14. Jalan-Jalan

Beberapa orang memiliki masalah dan juga pikiran yang tidak fresh atau menyenangkan setiap saat maka anda bisa menyibukan diri dengan cara jalan-jalan atau refreshing. Sehingga anda tidak merasa tertekan terutama jika anda memiliki masalah.  Udara segar dan tentunya memberikan asupan oksigen yang dibutuhkan oleh otak akan membawa anda memiliki mental yang sehat. Terutama untuk anda yang selalu bekerja di dalam ruangan, usahakan untuk sesekali mencari udara segar demi kesehatan mental anda.

Anda bisa menikmati udara segar seperti halnya :

  • Jalan kaki sekedar di taman kota saja atau sekedar keliling rumah
  • Berwisata alam terutama bersama keluarga dan anak anda atau orng terkasih
  • Sekedar bermain bersama anak-anak di halaman rumah saja tidak perlu susah-susah atau memakan waktu untuk pergi dan menghabiskan uang.
  • Naik gunung dan mencoba tantangan baru, terutama jika anda merupakan keluarga penyuka tantangan, maka akan lebih baik.

15. Konsultasi/Sharing

Sharing atau konsultasi merupakan cara terakhir dalam memperbaiki bahkan menguatkan mental anda. Ketika ada orang lain menyemangati dan mensupport anda maka secara tidak langsung akan menstimulan anda untuk lebih baik dan juga bisa menguatkan mental anda. Jangan khawatir dengan pembicaraan orang lain dan tanya atau minta masukan dari orang terdekat. Mereka tidak mungkin menjerumuskan anda.

Demikian penjelasan terkait apa saja cara-cara menguatkan mental agar lebih berani dan percaya diri untuk ikut kontribusi langsung ke kegiatan-kegiatan yang positif.

Order Photobook Terasik, KLIK AJA

What do you think of this post?
  • Boring (1)
  • Awesome (1)
  • Useful (1)
  • Interesting (1)
  • Sucks ()

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.