4. Yang Harus Pasangan Ketahui Sebelum Mulai Persiapan Menikah

Yang Harus Pasangan Ketahui Sebelum Mulai Persiapan Menikah

Persiapan Menikah – Kamu dan pasangan tersayang sudah pacaran bertahun-tahun? Atau, baru dua bulan ketemu tapi kamu sudah merasa dia jodohmu?

Nggak ada salahnya kalau kalian berdua mulai memikirkan tentang pernikahan. Tanpa ada niatan untuk terburu-buru menikah, ada beberapa hal yang perlu diketahui pasangan sebelum kalian memutuskan untuk menikah.

Nah berikut ini adalah 6 harus pasangan ketahui sebelum memulai persiapan pernikahan.

Baca juga: 8 Trik Menabung untuk Mempersiapkan Pernikahan Impian

Ketahui Keluarga Pasangan

Pernikahan tak hanya momen bersatunya dua insan, melainkan bersatunya dua keluarga. Bisa jadi kedua keluarga ini begitu bertolak belakang, bisa jadi kedua keluarga ini sudah sangat klop.

Tujuan dari mengetahui keluarga pasangan adalah untuk meminta restu. Sebab pernikahan yang penuh berkah adalah pernikahan yang direstui orang tua.

Restu orang tua, terutama pihak istri juga menjadi penting dalam persiapan menikah dalam Islam. Yakni bahwa saat melakukan akad nikah alias ijab dan qabul, mempelai wanita harus diwakilkan oleh Ayahnya atau kerabat laki-lakinya.

Selain itu, meski kamu bukan seorang muslim, ada baiknya memperjuangkan restu orang tua saat hendak menikah. Sebab pernikahan adalah persatuan dua keluarga, yang semoga segalanya akan dimudahkan dengan adanya restu.

Cari Tau Goals Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Sebagai momen penyatuan dua insan dan dua kehidupan, ada baiknya kamu mengenal dengan baik siapa pasanganmu. Termasuk mengenali goals dan mimpi-mimpi dari orang yang kelak akan menjadi pasangan seumur hidup. 

Mulai dari mimpi-mimpi kecil, seperti mencoba memasak resep rahasia dan nonton konser penyanyi favorit. Lanjut ke mimpi jangka menengah seperti liburan ke tempat tertentu dan membeli rumah. Dan mimpi jangka panjang seperti tinggal di pedesaan saat hari tua.

Adanya goals dan mimpi-mimpi ini penting, sebab dengan begitu, seseorang jadi memiliki tujuan dalam hidup. Akan ada hal-hal yang memotivasi mereka saat putus asa.

Selain itu, dengan membicarakan hal ini, kalian bisa mulai menyusun rencana. Kalian bisa saling menyesuaikan mimpi. Siapa tau mimpi kalian malah saling melengkapi. Akhirnya kamu dan pasangan memiliki mimpi yang sama.

Ketahui Strategi dan Perencanaan Keuangan Pasangan

Nggak kalah penting dengan bertukar mimpi, cari tau bagaimana pasangan kamu menyusun rencana keuangan. Tanpa maksud untuk bersikap matre, penting hukumnya untuk mencari tau perihal ini.

Sebab ketika menikah, kondisi keuangan merupakan tanggung jawab pasangan. Kalian sudah tidak bisa lagi mengandalkan orang tua dan kerabat. Termasuk uang untuk makan, pendidikan anak, hingga saat hari tua nanti.

Persiapan Menikah - Ketahui Strategi dan Perencanaan Keuangan Pasangan

Nggak ada salahnya kalian berdiskusi dan sama-sama belajar menghindari kesalahan mengatur keuangan dan pentingnya investasi. Jangan takut ajak pasanganmu untuk belajar menabung sebagai langkah awal persiapan sebelum pernikahan.

Cari Tau Bagaimana Sikap Pasangan Saat Marah dan Tertekan

Tak hanya bahagia, kehidupan pernikahan juga akan dihiasi berbagai rintangan dan permasalahan. Mulai dari masalah keuangan, kehadiran anak, saudara hingga keluarga. Belum lagi jika ada permasalahan terkait pekerjaan.

Emosi seperti marah dan perasaan tertekan tentu saja dapat menghampiri kamu dan pasangan. Oleh karenanya, selagi masih pacaran cobalah cari tau bagaimana sikap pasangan saat marah dan tertekan.

Persiapan Menikah - Cari Tau Bagaimana Sikap Pasangan Saat Marah dan Tertekan

Perhatikan pula bagaimana mereka mengolah emosi saat menghadapi masalah. Apakah mereka berubah bersikap kasar hingga memukul? Atau mereka hanya diam dan bersikap seolah tak ada masalah?

Mengetahui bagaimana respon mereka saat tertawa dan tertekan bisa jadi bagian dalam tahapan persiapan pernikahan. Sebab, besar kemungkinan kamu akan menghadapi kondisi tersebut pada saat nanti kalian menikah.

Terakhir, tanyakan pada diri sendiri, siapkah kamu menghadapinya?

Ketahui Pentingnya Perjanjian Pra-Nikah

Perjanjian pra nikah adalah perjanjian yang dibuat oleh pasangan suami isteri sebelum, pada saat atau dalam pernikahan. Dikenal dengan pre-nub, perjanjian pra nikah memuat kesesepakatan suami isteri selama masa pernikahan.

Meski semua pasangan ingin berakhir bahagia, kamu harus berpikiran yang terburuk, Di samping itu, pernikahan tak hanya mengatur soal pemisahan harta dalam pernikahan namun juga hak asuh anak.

Masing-masing pasangan juga bisa menambahkan poin-poin yang sekiranya perlu diatur. Isi perjanjian juga dapat dihapus, diganti, dan dibatalkan asal kedua belah pihak sepakat.

Bukan berarti kamu dan pasangan harus membuat perjanjian pranikah. Namun ada baiknya kalian mengetahui dan memahami adanya perjanjian ini. Untuk membuat atau tidak membuat, pilihan tetap ada di tangan kalian berdua.

Cari Tau Apa Yang Kamu Inginkan

Hal terakhir yang harus kamu tahu sebelum memulai persiapan pernikahan adalah mencari tahu apa yang benar-benar kamu inginkan. Apakah kamu benar-benar ingin menikah dan bukan karena paksaan? Pastikan juga bahwa kamu ingin menikah, bukan karena usia.

Namun demikian, kamu pun harus tau bahwa keraguan juga pasti datang menjelang pernikahan. Coba bicarakan keraguan dengan keluarga atau pasanganmu dengan pikiran terbuka. Jangan sampai kamu malah takut dan khawatir akan hal-hal yang tidak pasti

Nah itu dia 6 hal yang pasangan harus tau sebelum mulai persiapan pernikahan. Semoga bisa membantu kamu memantapkan hati untuk memulai persiapan pernikahan bersama pasangan.

Yang tak boleh lupa dari daftar persiapan pernikahan, cari tau tempat cetak album foto pernikahan terbaik. Kalau yang satu ini tak perlu repot, jawabannya ID Photobook. Jasa cetak foto murah ini menawarkan paket album foto pernikahan kualitas nomor satu dengan harga murah.

Baca juga: Trik Jitu Bikin Album Foto Pernikahan Sempurna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *