4 Manfaat Apel yang Harus Kamu Ketahui

4 Manfaat Apel yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Apel – Buah apel merupakan salah satu buah yang sering ditemui di Indonesia. Buah yang satu ini bahkan menjadi salah satu komoditas di berbagai wilayah di Indonesia. Mungkin sebagian dari kamu belum tahu bahwa buah yang memiliki banyak jenis dan rasa yang menyegarkan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat loh!

Buah yang biasanya diolah dengan berbagai macam produk seperti keripik, jus, minuman, dan lainnya satu ini memang dikenal memiliki berbagai macam manfaat jika kita konsumsi secara rutin. Manfaat apel bagi tubuh beragam, mulai dari untuk menurunkan berat badan hingga mencegah terjadinya penyakit membahayakan.

Mau tau kan apa saja dan penjelasan singkat dari manfaat buah satu ini? Yuk kita lihat penjelasan di bawah ini mengenai 4 kegunaan apel yang dapat kita peroleh jika mengonsumsinya secara rutin!

Baca juga: Masih Malas Olahraga? Ini 4 Manfaat Olahraga Secara Teratur!

Sehat bagi pencernaan dan menjaga bobot tubuh

Apel mengandung banyak serat yang membuat manusia jadi lebih mudah mencerna dan melancarkan saluran pencernaan. Jenis serat yang terkandung dalam apel itu sendiri disebut dengan pektin, dimana jenis serat tersebut dapat larut oleh air dan terurai di dalam usus.

Dengan lancarnya pencernaan dikarenakan banyaknya serat yang terkandung dalam apel, maka hal tersebut juga berpengaruh untuk membantumu menurunkan berat badan karena saluran pencernaan yang lancar.

Selain pencernaan yang lancar, kita juga dapat mengetahui manfaat apel untuk diet yaitu dari fungsi serat pektin yang telah disebutkan. Serat pektin itu sendiri dapat membantu memperlambat pencernaan makanan sehingga nafsu makanmu dapat ditekan dan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada biasanya.

Membantu Mengurangi Kolesterol

Fungsi serat yang ada dalam apel tidak hanya membantu menurunkan berat badan dan sehat bagi pencernaan saja. Faktanya, fungsi serat yang terkandung dalam apel juga dapat membantu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada pembuluh darah.

Selain serat, zat lain yang membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh yaitu fitonutrien dan polifenol. Ketiga zat yang terkandung dalam apel tersebut dapat membantu kamu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuhmu.

Dengan berkurangnya kolesterol dalam tubuh, tentunya kita juga makin terhindar dari adanya penyakit. Berkurangnya kolesterol jadi pemicu mengecilnya kemungkinan seseorang terkena stroke atau penyakit kardiovaskular.

4 Manfaat Apel yang Harus Kamu Ketahui (2)

Memperkecil Risiko Terkena Diabetes

Salah satu manfaat apel adalah memperkecil adanya risiko diabetes. Apel mengandung indeks glikemik yang rendah, sehingga menyebabkan apel dicerna oleh tubuh dengan perlahan dan menyebabkan kadar gula naik secara bertahap, tidak secara cepat.

Tidak hanya indeks glikemik yang rendah, apel juga memiliki zat fitonutrien yang membantu tubuhmu mengontrol kandungan gula darah. Fitonutrien juga membantu tubuh mencegah peningkatan gula darah secara signifikan.

Memperkecil Risiko Terkena Kanker

Nah, mungkin dari kalian sudah sangat ingin mengetahui tentang manfaat apel satu ini, kan? Manfaat apel yang mungkin paling menarik adalah bahwa apel beserta kandungannya dapat membantu kamu mengurangi risiko terkena kanker loh.

Faktanya, beberapa kandungan apel dapat membantu kamu mencegah terkena kanker jika kamu mengonsumsi apel secara rutin, misalkan sehari satu buah. Apel dapat mencegah terkena penyakit kanker dikarenakan adanya zat antioksidan yang terkandung dalam apel sehingga dapat mencegah terkena kanker seperti kanker lambung, kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker payudara.

Itu dia penjelasan dari 4 manfaat apel bagi kesehatan tubuhmu, sangat beragam, bukan? Yuk jadikan makan buah apel sebagai kebiasaan sehari-hari

Baca juga: 4 Manfaat Olahraga Basket, Biar Kamu Makin Rajin Main Basket

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *